Paser Identifikasi Potensi Wisata Tambah Pendapatan Daerah

Tana Paser, Gerbangkaltim.com – Kabupaten Paser Kalimantan Timur sedang mengidentifikasi potensi objek wisata agar bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paser Muksin di Tanah Grogot, Senin (18/3/2019) mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun Rencana Induk Pariwisata Daerah (Ripda) untuk mengembangkan pariwisata yang bisa menjadi PAD.

“Tahun ini kami menyusun Ripda, dari situ kami bisa melihat objek wisaja mana saja yang potensi dikembangkan untuk tambah PAD,” ujar Muksin.

Muksin mengatakan belum mengetahui secara detail objek wisata apa saja yang sedang dipetakan dalam penyusunan Ripda itu. Instansi terkait yaitu Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) setempat yang tahu benar tempat-tempat wisata yang berpotensi untuk dikembangkan.

Muksin melanjutkan, dengan disusunnya Ripda tersebut, Kabupaten Paser berpeluang mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. “Ini sedang kita ajukan dana lokasi khusus kalau tidak punya dokumen, kemarin kita tidak dapatkan DAK,”lanjutnya.

Saat ini Pemkab Paser kata Muksin masih mengidentifikasi potensi wisata yang akan dikembangkan. Pihaknya juga tengah meneliti dan melakukan kajian objek wisata yang memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan.

“Ini kan masih tahap identifikasi dan nanti akan kelihatan mana yang potensi untuk di kembangkan. Tapi ini sedang di lakukan penelitin atau kajian untuk obyek mana yang potensi untuk kita kembangkan,”jelasnya.

Rencana induk yang sedang disusun itu lanjut Muksin akan disampaikan ke Kementerian terkait. Ia mengatkaan setelah alokasi anggaran dari pemerintah pusat sudah digulirkan, pihaknya berharap ada alokasi anggaran dari APBD.

“Kami sudah punya rencana induk yang akan kami sampaikan ke Kementerian. Harapnnya nanti bisa dapat. Selain itu juga kami nanti akan menganggarkan untuk kegiatan yang sifatnya prioritas,” tuturnya. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *