Balikpapan

Isu Pemindahan Ibu Kota, Bappenas Pasang 500 Patok Geospasial di Kaltim

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Patok dengan tanda silang oranye yang ditemukan di Balikpapan ternyata benar milik Badan Informasi Geospasial (BIG). Tujuannya untuk pembuatan peta dasar, berdasarkan permintaan Bappenas RI. 

“Buat peta dasar. Permintaan Bappenas. Nanti dari peta dasar itu, akan dijadikan peta-peta tematik lainnya,” kata Farid, salah satu surveyor BIG ,Jumat (2/8) sore. 

Saat ditanya, apakah patok-patok yang ada untuk peta dasar tersebut erat kaitannya dengan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim, Farid tak menegaskan hal itu.
Yang pasti, kata dia, apa yang dikerjakan di Kaltim saat ini, sudah dikerjakan di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun 2018 lalu.

“Yang begitu juga kita lakukan di Kalteng, tahun lalu. Kita buat begini (patok) di Palangka Raya, Gunung Mas, Katingan,” katanya.

Tahun ini, pemasangan patok untuk pembuatan peta dasar tersebut dilakukan di Kaltim. Ada beberapa wilayah yang dipasang patok, yaitu Kutai Kartangera (Kukar), Kutai Barat (Kubar)dan Penajam Paser Utara (PPU) dan Balikpapan. 
Yang utama untuk wilayah Kaltim, adalah pembuatan peta dasar wilayah PPU dan Kukar.

Related Post

“Di Kukar dan PPU, ada 300 titik patok. Masing-masing 150 titik. Luasan yang diukur atau pembuatan peta kurang lebih 400 ribu hektare,” bebernya. 

Sementara untuk titik patok di Balikpapan dan Kubar, hanyala sebagai pendukung. “Balikpapan sama Kubar itu kalibrasi aja. Hanya sebagai pendukung,” lanjutnya. 

Seluruh patok untuk kepentingan pembuatan peta dasar itu di wilayah Kaltim berjumlah 500-an titik. Sebanyak 300 titik di Kukar dan PPU, sisannya di Kubar dan Balikpapan. “Kubar itu ada 200 titik, Balikpapan 21 titik,” tuturnya. 
Pemetaan wilayah untuk peta dasar tersebut, kata Farid, akan berakhir dua pekan lagi. Pengerjaan telah dilakukan sejak Mei 2019 lalu. Sepekan setelah Presiden Jokowi datang berkunjung ke Bukit Soeharto.

“Mei kita pemasangan patok-patok. Juni kita pemetaan. Pemetaan dilakukan menggunakan pesawat, disinkronkan dengan patok-patok yang ada. 
Rencananya akan berakhir satu dua Minggu lagi.

Seperti diberitakan, patok-patok yang terpasang disertai dengan tanda silang berwarna oranye di beberapa titik di Balikpapan dan Kukar membuat warga penasaran. Terutama tentang tujuan dan fungsi patok-patok tersebut. Banyak yang menyimpulkan, patok itu erat kaitannya dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kaltim. (mh/gk)

Adm2-gk

Leave a Comment

Recent Posts

Telan Dana Rp30 Miliar, Tanjakan MT Haryono Akan Dipasang Box Culvert

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) berencana akan melakukan pengerukan sedimen di bendali dan peningkatan saluran… Read More

September 26, 2021

Vaksinasi Partai Golkar di Kota Balikpapan Sasar 2.500 Peserta

Balikpapan, Gerbangkaltim.com - Kelurga Besar Partai Golkar melaksanakan vaksinasi bagi 2.500 peserta yang terdiri dari pengurus, kader dan simpatisan partai.… Read More

September 26, 2021

TP PKK Kabupaten Paser Raih 3 Penghargaan HKG ke 49 Tahun 2021

PASER, Gerbangkaltim.com – Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua TP PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor hadir, Wakil Ketua TP PKK Kaltim… Read More

September 26, 2021

Produk UP2K TP PKK, hadir di Kaltim Expo Samarinda

PASER, Gerbangkaltim.com-  Pagelaran Kaltim Expo ke 13 tahun 2021 yang dilaksanakan di Atrium Big Mal, Expo tersebut diikuti berbagai macam… Read More

September 26, 2021

Polri Berangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 ke PON XX Papua

JAKARTA- Mabes Polri memberangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 (Revaco) ke perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung… Read More

September 25, 2021

Sosialisasikan Perda Pajak Kaltim, Amiruddin: Untuk Menggerakkan Masyarakat dalam Menyumbang PAD

PASER, Gerbangkaltim.com - Anggota DPRD Provinsi Kaltim daerah pemilihan Paser-PPU, H. Amiruddin, kembali menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim… Read More

September 25, 2021

This website uses cookies.