Paser

Kades di Paser Jangan Arahkan Warga Pilih Bupati

PASER, Gerbangkaltim.com – Ketua Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Kabupaten Paser M Nasri mengatakan kepala desa tidak boleh terlibat politik serta tidak mengarahkan warga untuk memilih salah satu pasangan calon bupati.
Hal itu ia katakan menanggapi Surat Edaran Bupati Paser Nomor : 140/270/IX/DPMD per 28 September 2020, perihal Netralitas Kepala Desa  dalam Pilkada.
“Kepala desa memang dilarang ikut aktif di dalam kegiatan kampanye. Namun kalau kepala desa diundang untuk hadir sebagai tokoh atau sebagai pemerintah desa, sah-sah saja. Sepanjang tidak mengarahkan, mengajak atau berlaku tidak adil terhadap salah satu calon yang berkunjung ke desa,” ujar Nasri dikonfirmasi, Selasa (06/10/2020).
Nasri menilai kepala desa harus memberi ruang kepada setiap pasangan calon bupati dan wakil bupati.
Karena bagaimana pun semua pasangan calon kepala daerah berpotensi terpilih sebagai pasangan bupati dan wakil bupati.
“Karena memang posisi kepala desa sebagai bagian dari penggerak pembangunan di desa. Sedikit banyak ada dampaknya bila secara nyata mendukung pasangan calon. Karena bagaimana pun dan siapa pun yang terpilih akan menjadi pengambil kebijakan kepentingan desa selanjutnya,” terang Nasri.
Nasri mengaku ada ketidakadilan soal netralitas untuk kepala desa karena menurutnya kepala desa sama halnya dengan DPR, juga dipilih masyarakat.
“Memang ada perasaan tidak adil oleh kepala desa karena kepala desa dipilih oleh masyarakat secara langsung, tidak bedanya dengan DPR, sama-sama dipilih rakyat. Sama-sama menerima penghasilan dari negara. Hanya saja kepala desa tidak melalui partai,” ujar Nasri.
Meski sudah jelas aturan netralitas bagi kepala desa, Nasri mengaku ada hal yang berbeda jika netralitas itu ditujukan kepada APDESI.
“Kalau bicara APPDESI ini agak susah karena APDESI organisasi. Tak beda dengan ormas dan organisasi lainnya,” kata Nasri.
“Hanya saja di APDESI, secara organisasi kita tidak menyerukan, mengajak. Secara organisasi (APDESI) Komunikasi dengan semua calon,” tutupnya. (Jya)
Adm2-gk

Leave a Comment

Recent Posts

TP PKK Kabupaten Paser Raih 3 Penghargaan HKG ke 49 Tahun 2021

PASER, Gerbangkaltim.com – Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua TP PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor hadir, Wakil Ketua TP PKK Kaltim… Read More

September 26, 2021

Produk UP2K TP PKK, hadir di Kaltim Expo Samarinda

PASER, Gerbangkaltim.com-  Pagelaran Kaltim Expo ke 13 tahun 2021 yang dilaksanakan di Atrium Big Mal, Expo tersebut diikuti berbagai macam… Read More

September 26, 2021

Polri Berangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 ke PON XX Papua

JAKARTA- Mabes Polri memberangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 (Revaco) ke perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung… Read More

September 25, 2021

Sosialisasikan Perda Pajak Kaltim, Amiruddin: Untuk Menggerakkan Masyarakat dalam Menyumbang PAD

PASER, Gerbangkaltim.com - Anggota DPRD Provinsi Kaltim daerah pemilihan Paser-PPU, H. Amiruddin, kembali menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim… Read More

September 25, 2021

PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

Jakarta, Gerbangkaltim.com- PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan… Read More

September 25, 2021

TP PKK Kota Balikpapan Juara Umum Lomba HKG ke-49 Tahun 2021 Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan, Gerbangkaltim.com com — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Balikpapan yang berhasil menjadi juara umum pada Lomba… Read More

September 25, 2021

This website uses cookies.