GerbangKALTIM

Pandemi Covid-19, Bawaslu Kutim Minta Perempuan Awasi Pilkada 2020

SANGATTA, Gerbangkaltim.com,— Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengajak para perempuan di Kutim untuk terlibat dalam pengawasn pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Meski ditengah masa pandemi Covid-19 peran perempuan haruslah tetap aktif.

Untuk itu, Bawaslu Kutim menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Kamis (5/11/2020) di Hotel Victoria dengan tema “Peran Perempuan Kutai Timur dalam menyukseskan dan mengawasi tahapan Pilkada Kabupaten Kutai Timur tahun 2020 di masa Pandemi Covid-19”.

Hadir dalam kegiatan itu, perwakilan perempuan dari berbagai unsur. Adapun narasumber didalam sosialisasi tersebut, diantaranya Ketua KPUD Kutim Ulfa Jamilatul Farida, Kajari Kutim Setiyowati, dan Komisioner Bawaslu Siti Akhlis Muafin.

Turut pula hadir pada kesempatan itu,ibu Pjs Bupati Kutim Rina Marlina Juhar, Ibu Kapolres, Yonna Welly Djatmoko, GOW PKK Kutim, perwakilan Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT), HMI, Mahasiswa, dan tamu undangan lainnya.

Sebelum meninggalkan tempat Istri Pjs Bupati Kutim Ny Rina Marlina Jauhar berpesan agar jangan memaksakan kehendak diluar batas kemampuan suami.

“Karena pengaruh perempuan itu sangat besar. Suami bisa menjadi korupsi karena tuntutan istri. Jadi ingatlah jangan memaksakan kehendak kita kepada suami jika itu diluar kemampuannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Siti Akhlis Muafin mengatakan urgensi perempuan mengawasi Pemilu maupun Pilkada 2020 sebagai implementasi kesetaraan gender. Dimana peran perempuan selama ini hanya dianggap sebagai subjek atau objek.

Dengan kegiatan yang mengusung tema “Peran kaum perempuan Kutim dalam menyukseskan dan mengawasi tehapan pilkada Kabupaten Kutim tahun 2020 dimasa pandemi Covid-19” diharapkan mampu membuka sudut pandang masyarakat bahwa perempuan memiliki peran penting bagi kesuksesan daerah bahkan negara.

“Penting untuk perempuan terlibat aktif mengawal proses dan hasil Pemilu atau Pilkada agar terpilih pemimpin yang baik melalui proses yang menghargai kemurnian suara rakyat,” Ujar Afin.

Related Post

Sementara itu, Ketua KPUD Kutim Ulfa Jamilatul Farida menyebutkan sifat perempuan secara naluri memang memiliki sifat mengawasi. Didalam rumah tangga peran perempuan itu memang sangat luar biasa segala sesuatu diawasi dan dicermati.

“Nalarnya perempuan itu kuat. Karena memang sudah menjadi sifat dan nalurinya. Jadi jika perempuan dilibatkan dalam politik maka InsyaAllah itu akan on the track selama perempuan menyadari fungsinya didalam dunia politik,” ungkapnya.

Ulfa juga menegaskan agar jangan takut untuk datang ke TPS pada 9 Desember mendatang. Selama itu mematuhi protokol kesehatan maka tidak ada yang perlu ditakutkan.

Kemudian, Kajari Kutim, Setiyowati memberikan penjelasan terkait permasalahan hukum politik. Ia pun mengajak seluruh peserta agar mengenali hukum dan jauhi perbuatan-perbuatan hukum.

“Tugas dan wewenang Kejari itu diantaranya pidana, perdata, dan ketertiban ketenteraman umum. Untuk diera modern sekarang ini semua bisa dengan mudah memahami hukum melalui gadget,” pintanya.

Ia pun berpesan agar selalu menggunakan masker, bagi ASN tetap netral jangan ikut berkampanye jika tak ingin tersandung hukum, dan tidak ikut black campaign bagi seluruh masyarakat Kutim tutupnya. (hms15)

Sumber: Humas Kutim

adm_gerbang_kaltim

Leave a Comment

Recent Posts

Amiruddin Gelar Sosialisasi Pajak Daerah di Desa Jone Untuk Optimalkan Penerimaan PAD

  PASER, Gerbangkaltim.com- Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Amiruddin Entong menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Daerah di Gedung Pertemuan Desa… Read More

October 17, 2021

1.800 Warga Baltim dan Pelajar Dapat Suntikan Vaksin Pflizer

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan mendapatkan kiriman sebanyak 28.000 dosis vaksin jenis pflizer yang akan digunakan untuk akselerasi vaksinasi… Read More

October 16, 2021

100 Rumah Tidak Layak Huni di Balikpapan Direhab

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kota Balikpapan mendapatkan bantuan rehabilitasi 100 rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni (RLH) di… Read More

October 16, 2021

Sempat Hilang, Tim Sar Gabungan Temukan Jasad ABK TB Genoya 10

Kutai Kerta Negara, Gerbangkaltim.com - Supriyadi (26), anak buah kapal (ABK) TB Gonaya 10 yang hilang di Sungai Mahakam di… Read More

October 16, 2021

Kabid Humas Polda Kaltim Imbau Masyarakat Tidak Mudah Percaya Pinjaman Online

Balikpapan, Gerbangkaltim.com - Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo meminta masyarakat Kalimantan Timur untuk tidak tergiur dengan kecepatan… Read More

October 15, 2021

Dukung Herd Immunity, Pangkalan TNI AL Balikpapan Serbu Vaksin Ojol

Balikpapan, Gerbangkaltim.com - Guna membantu pemerintah untuk mendukung percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 dan terbentuknya Herd Immunity di masyarakat, Pangkalan TNI… Read More

October 15, 2021

This website uses cookies.