Nabung di Bank Sampah “Amanah” Kuaro, Bisa Dapat Emas

PASER, Gerbangkaltim.com –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser meresmikan Bank sampah yang dikelola Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) “Amanah” Desa Kendarom, Kecamatan Kuaro, Selasa(1/12/2020). Peresmian dihadiri kepala desa setempat, camat, pengurus bank sampah, dan unsur Forum Koordinasi Kecamatan setempat.

“Peluncuran bank sampah ini menjadi percontohan, terutama di Kecamatan Kuaro sendiri,” kata Sekretaris DPMD Paser Jarkawi usai peresmian.

Diketahui bahwa masyarakat di Desa Kendarom pada umumnya memiliki pekerjaan sebagai petani sawit. Belakangan ini, penghasilan masyarakat dari sawit sedikit berkurang.

“Dengan bank sampah ini, bisa mengolah sampah menjadi nilai ekonomis. Sehingga bisa menjadi pendapatan masyarakat,” ujar Jarkawi.

Menurut Jarkawi Posyantek dapat memberikan sekitar 20 persen dari Pendapatan Asli Desa. Namun, dari 139 desa di Paser, DPMD mencatat hanya terbentuk 58 posyantek dan 25 diantaranya yang aktif beroperasi.

“Kami berharap posyantekdes di kecamatan lain dapat terus berkembang sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di setiap desa,” kata Jarkawi.

Ketua Posyantekdes Kendarom, sekaligus penggagas bank sampah “Amanah” Eva Sasmitosari mengatakan, selain untuk mengurangi sampah lingkungan, bank sampah ini dapat membantu masyarakat memperoleh pendapatan lain.

“Sampah juga memiliki nilai materi untuk menabung atau diambil dalam bentuk uang”, kata Eva.

Menurut Eva, Bank Sampah “Amanah” ini telah bekerjasama dengan agen emas dalam mengelola sampah ekonomis.

“Masyarakat yang menyetor sampah, bisa ditukar dalam bentuk uang. Atau ditabung emas, jika sudah mencukupi,” ujarnya. (Dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *