PASER, Gerbangkaltim.com – Dalam kunjungan kerjanya ke Polres Paser, Kamis (04/12/2020), Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur,  Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengingatkan netralitas Polres Paser dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang.

“Kapolri sudah mengingatkan kepada semua anggota Polri harus netral,” kata Irjen Pol Herry Rudolf Nahak.

Irjen Pol Herry mengingatkan meski anggota Polres Paser  memiliki keluarga yang merupakan kontestan calon kepala daerah, netralitas Polri tetap harus dikedepankan dan dijaga.

“Saya harap hal yang dibicarakan oleh Polres Paser bahwa anggotanya netral dapat dipertahankan,” kata Irjen Pol Herry Rudolf Nahak.

Ia menjelaskan bahwa Pilkada merupakan penyelenggaraan untuk mencari pemimpin atau kepala daerah yang baik dan berkualitas.

“Kontestasi hal yang  biasa agar mendapat pemimpin daerah yang terbaik dan disukai masyarakat Paser dari keempat pasangan calon ini,” ujarnya.

Related Post

Dalam penyelenggaraan Pilkada, Polri lanjut dia, memiliki tugas yang penting dalam memastikan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut berjalan aman dan lancar.

“Tugas kita sebagai anggota Polri untuk mendukung penyelenggaraan pilkada ini berjalan baik,” ucapnya.

Irjen Pol Herry Rudolf Nahak juga mengingatkan anggota Polri agar dapat memahami fungsi mereka ditengah masyarakat. “Keselamatan masyakarat hukum tertinggi, tugas kita mengayomi, melindungi masyarakat. Polri ada karena adanya keberadaan masyarakat,”  kata Irjen Pol Herry Rudolf Nahak.

Polda kaltim akan memeriksa dan memberikan tindakan tegas jika ditemukan ada anggota Polri yang tidak netral dalam Pilkada, meski sejauh ini belum ada indikasi mengarah pada keterlibatan anggota Polri.

“Sejauh ini tidak ada laporan anggota yang melakukan hal yang aneh, tugas kita hanya satu yaitu mengamankan Pilkada,” tutupnya. (Dit)