Pemkab Paser Kembangkan Budidaya Perikanan di 10 Desa

PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2021 melakukan pengembangan budidaya perikanan di 10 desa seperti pemberian bibit, pupuk dan sarana prasarana penunjang.

Kepala Dinas Perikanan Paser Sadarudin mengatakan program tersebut diantaranya bantuan benur atau bibit udang untuk tiga kelompok yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Bantuan benur tahun ini di desa Pondong Kecamatan Kuaro, Sunge Batu Kecamatan Pasir Belengkong, dan Semuntai Kecamatan Long Ikis,” kata Sadarudin, Selasa (26/01/2021).

Lanjut Sadarudin Dinas Perikanan Paser juga memberikan bantuan bibit lele kepada tiga kelompok di Desa Tepian Batang dan Rantau Panjang Kecamatan Tanah Grogot, dan Desa Kresik Bura Kecamatan Pasir Belengkong.

“Bantuannya beserta terpal dan pakan ikan,” ujar Sadarudin.

Selain bibit dan benur, Dinas Perikanan Paser juga memberikan pupuk SP 36, pupuk tambak untuk kelompok di tiga desa yakni di Desa Lori, Labuangkallo, dan Desa Selengot di Kecamatan Tanjung Harapan.

Sadarudin mengemukakan Dinas Perikanan juga melakukan perbaikan pintu air tambak di Desa Muara Pasir Kecamatan Tanah Grogot.

Di desa tersebut lanjut dia, juga ada lima kelompok yang mendapat bantuan alat mesin transportasi tambak.

Sementara Kepala Bidang Perikanan Budidaya pada Dinas Perikanan Kabupaten Paser Winardi mengataan bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi budidaya perikanan.

“Tahun lalu kami juga memberikan 16.500 bibit lele dan 1.750 kilogram pakan dan terpal di desa Lusan Kecamatan Muara Komam,” ujar Winardi.

Winardi mengatakan pada tahun 2020 Dinas Perikanan juga telah memberikan bantuan 600 bibit kakap putih untuk kelompok di Desa Pondong Kecamatan Kuaro.

Pengembangan budidaya ikan itu bekerja sama dengan desa setempat. Pengembangannya menggunakan keramba jaring apung milik Pemerintah Daerah. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *