Tiga Program Prioritas di Paser dilanjutkan Tahun 2022

PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Paser Muksin mengatakan pada tahun 2022, Pemkab Paser akan melanjutkan tiga program prioritas guna meningkatkan kualitas pembangunan daerah.

“Ada tiga program prioritas sesuai tema yang diambil dalam forum konsultasi publik ini,” kata Muksin saat forum konsultasi penyusunan RKPD Tahun 2022, di kantor Bupati Paser, Senin (08/02/2021).

Ketiga program prioritas tersebut kata Muksin yakni peningkatan infrastruktur, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), dan penguatan ekonomi daerah.

Dikemukakan dia, pembangunan infrastuktur bertujuan untuk menunjnag pembangunan ekonomi masyarakat seperti produksi dan pertanian.

Adapun pembanguanan SDM bertujuan untuk menciptakan SDM yang mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Sementara peningkatan ekonomi akan difokuskan pada penguatan sektor ekonomi lokal guna menunjang ekonomi daerah.

“Seperti sektor pertanian, pertenakan terus kita tingkatkan produksinya, dan UMKM agar masyarakat punya jaringan usaha sehingga sejahtera,” kata Muksin.

Muksin mengatakan ketiga program prioritas tersebut disampaikan dalam forum konsultasi publik agar mendapat saran dan masukan masyarakat dari berbagai pihak sehingga masing-masing perangkat daerah dapat menyesuaikannya dengan visi misi tersebut.

“Pembahasan masih secara umum, kita sampaikan tentang gambaran RKPD tahun 2022,” ujar Muksin.

Sinkronisasi perangkat daerah, lanjut Muksin, harus sesuai dengan kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional, dan sinkronisasi program dan kegiatan hasil musrembang hingga tingkat desa.

Muksin berharap kepada para Perangkat Daerah untuk menajamkan program prioritas untuk menunjang prioritas pemabangunan yang telah ditetapkan.

“Kita harap program mereka bersinergi dengan program yang telah ditetapkan,” tutup Muksin. (Dit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *