Balikpapan – Puluhan personel Dit Resnarkoba Polda Kalimantan Timur menjalani tes urine oleh Bid Dokkes Polda Kaltim. Tes urine ini dilakukan di Ruang Mahakam Polda Kaltim, Selasa (23/2/2021).

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum.,di damping Kabid Propoam Polda Kaltim Kombes Pol Yudi Arkara dan Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H.,memimpin jalannya kegiatan tes urine tesebut.

Aksi dadakan ini sengaja dilakukan untuk mendeteksi dini dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba bagi internal Polri dan PNS Polri dilingkup Polda Kaltim, ucap Ade Yaya.

“Memang sengaja mendadak dengan maksud untuk mengetahui tingkat kepatuhan anggota terhadap peringatan-peringatan pimpinan Polri. Dan ini bentuk antisipasi, supaya tidak ada anggota polri maupun PNS yang menjadi pemakai narkoba,” lanjut Ade.

Secara bergantian, para anggota dari Dit Resnarkoba Polda Kaltim diambil sampel air seni untuk dites urine oleh petugas medis.

Related Post

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana menambahkan setelah dilakukan test urine tersebut dengan hasil seluruhnya dinyatakan negatif (tidak mengandung bahan-bahan sejenis Narkoba).

Dikatakan anggota kepolisian harus menjadi tauladan dan contoh di masyarakat dalam penanganan serta pemberantasan narkoba. Sehingga sebelum memberantas narkoba, anggota harus terlebih dahulu bersih dari penyalahgunaan narkoba maupun tidak terlibat dalam peredaran narkoba.

Oleh karena itu pihaknya akan bersikap tegas menerapkan aturan bagi anggota yang terlibat dalam narkoba akan di pecat. Oleh karena, ditekankan kepada semua anggota  tidak ada yang mengkonsumsi narkoba, tutup Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana.

Sumber : Humas Polda Kaltim