500 Orang Petugas Jalani Vaksinasi, 9.416 Dosis Vaksin Selesai Satu Minggu

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Satgas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan memulai tahapan vaksinasi bagi kelompok pelayanan publik, yang dilaksanakan di Balikpapan Sport and Conventional Center (BSCC), Dome Balikpapan.

“Sasaran vaksinasi kali ini berjumlah 500 orang dengan sasaran petugas pelayanan publik yang meliputi pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan, kepala OPD, anggota DPRD Balikpapan, atlit, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty, Sabtu (21/2/2021)

Dalam penyuntikan vaksin ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada pukul 08.00 Wita sampai pukul 12.00 Wit, kemudian sesi kedua dilaksanakan pukul 13.30 Wita sampai 16.00 Wita.

“Sesi kedua diberikan kepada pelayan publik pada instansi BPJS Kesehatan, kepala OPD di tingkat kecamatan dan kelurahan, para petugas di UPT Asrama Haji Batakan dan awak media massa,” jelasnya

Sebelum disuntik divaksin, mereka mengikuti proses registrasi dan pemeriksanaan kesehatan. Ada puluhan orang tenaga kesehatan yang dikerahkan dan dibagi dalam empat meja kerja. Ada petugas registrasi, petugas medical check up, petugas vaksinator yang nertugas menyuntikan vaksin serta petugas yang melakukan observasi Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI).

Dio sapaan akrbanya menargetkan proses vaksinasi 9.416 dosis vaksin tahap dua termin satu, bisa selesai dalam waktu seminggu.

“Saya berharap pemerintah pusat bisa memberikan vaksin lebih banyak lagi. Sehingga kita bisa mempercepat vaksinasi di Balikpapan,” tegasnya

Dikatakannya, vaksinasi di Balikpapan Sport and Conventional Center (BSCC), Dome Balikpapan dilakukan selama dua hari Sabtu-Minggu (27-28/2/2021). Dengan target sasaran totalnya sebanyak 1.000 orang.

Sedangkn capaian vaksinasi pedagang pasar Klandasan, Jumat (26/2/2021). Ada 211 pedagang yang sudah mendapat suntikan vaksin, dari total target sasaran 367 pedagang.

“Atau sama dengan 56 persen pedagang Klandasan, kemarin telah divaksin. Sisanya tetap dapat melanjutkan vaksinasi ada Puskesmas Klandasan,”paparnya.

Dio menyebut sejauh ini satgas sudah menyelesaikan proses vaksinasi tahap satu dengan capaian 6.074 nakes, atau sama dengan 105,47 persen.

“Ini capaian tertinggi di Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Kemudian capaian penyuntikan kedua untuk nakes sudah mencapai 82,54 persen. Masih ada beberapa nakes lansia yang belum menyelesaikan penyuntikan kedua, lantaran interval jeda penyuntikannya 28 hari. Sementara bagi nakes dengan usia yang lebih muda hanya butuh waktu jeda 14 hari untuk mendapatkan penyuntikan vaksin kedua.

Dalam kegiatan ini Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjadi orang pertama yang divaksin. Ia didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Sayid MN Fadly, Ketua Pengadilan Negeri Ikhwan Hendrato, GM Angkasapura I Balikpapan Barata Singgih Riwahono, perwakilan dari anggota DPRD Balikpapan serta perwakilan deputi BPJS Kesehatan.

“Kita bagi dua sesi supaya tidak berdesakan. Pagi ini 250 orang, nanti siang ada 250 orang lagi,” ujar Rizal.

Usai disuntik vaksin, Rizal mengaku tidak merasakan nyeri atau sakit saat proses penyuntikan. Namun sempat merasakan tegang saat jarum suntik mulai menyentuk lengan kiri atasnya. Ia mengisyaratkan prosedur penyuntikan dilakukan para nakes profesional.

“Enggak ada keluhan dan persiapannya juga biasa saja,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *