Jelang Pilkades, Kondisi Kabupaten Paser Aman Kondusif

PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Sub Bidang Penanganan Konflik pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser, Yusman mengatakan, kondisi daerah aman dan kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 8 April 2021.

“Berdasarkan laporan dari Bidang Kewaspadaan Nasional dan penanganan konflik bahwa situasi menjelang Pilkades sejauh ini kondusif dan aman,” kata Yusman, Rabu (07/04/2021).

Informasi tersebut kata Yusman, berdasarkan laporan dari personel Kesbangpol dan forum-forum kemitraan (FKDM). “Belum ditemukan indikasi hal-hal yang dapat menganggu pelaksanaan Pilkades nanti Sehingga belum ada desa yang tingkat kerawanannya meningkat menjelang Pilkades,” imbuhnya.

Yusman menerangkan, Pilkades pada 8 April 2021 seyogyanya diikuti 52 desa. Namun ada 1 desa yang pelaksanaanya ditunda yaitu Desa Gunng Putar di Kecamatan Long Kali.

Penundaan ini dikarenakan salah satu dari dua calon Kepala desa mengundurkan diri sehingga dilaksanakan masa perpanjangan pendaftaran bakal calon.

“Penundaan Pilkades di Desa Gunung Putar menurut kami tidak menggangu pelaksanaan Pilkads 8 April 2021, karena panitia kabupaten telah mengambil langkah-langkah antisipasi,” ujarnya.

Pemerintah lanjut Yusman, telah memperpanjang masa pendaftaran bakal calon untuk Pilkades di Desa Gunung Putar Kecamatan Long Kali. Rencananya akan dilaksanakan pada 13 Mei 2021.

“Tapi nanti pelantikan kades terpilih akan dilaksanakan bersamaan dengan 51 desa lainnya,” ucapnya.

Kesbangpol Kabupaten Paser kata Yusman mengimbau kepada masyarakat agar aktif menggunakan hak pilih tetap menerapkan protokol pencegahan Covid.

“Semoga pelaksanaan Pilkades ini menghadirkan Pilkades yang demokratis, aman, damai dan sejuk,” tutup Yusman. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *