Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kurang lebih dua bulan sejak Maret 2021 melaksanakan tugas pengamanan diwilayah hukum Polres Nabire Polda Papua, 1 SSK Satuan Brimob Polda Kaltim akhirnya kembali lagi ke Mako, yang terletak di Kota Balikpapan, Kaltim.

Sebanyak 100 personil tiba di Mako Brimob Polda Kaltim dan disambut oleh Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si. di dampingi Dansat Brimob Kombes Pol John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK bersama para PJU Polda Kaltim, Kamis (15/4/2021).

Seluruh personil Satbrimob Polda Kaltim yang BKO ke wilayah hukum Polda Papua tersebut terpantau dalam kondisi sehat dan personil dalam keadaan lengkap.

Personil BKO disambut dengan apel penyambutan dipimpin Kapolda Kaltim, dilanjutkan dengan pengalungan bunga kepada Danki Satgas Penugasan, yaitu Iptu Hary Sunarko yang memimpin 100 personil BKO ke Polda Papua.

“Kepada saudara – saudara yang baru kembali dari penugasan di wilayah Provinsi Polda Papua, saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dan keluarga mengucapkan selamat datang kembali di Kaltim serta terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, karena saudara – saudara telah selesai melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Provinsi Papua dengan baik dan sukses serta kembali dalam keadaan lengkap, sehat walafiat, dan lebih dari itu tentunya kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah melindungi keluarga yang ditinggalkan di Kalimantan Timur,” ucap Kapolda.

Acara penyambutan ini menurut Kapolda merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkah dan kebesaran-Nya sehingga personil bisa melaksanakan tugas dengan baik dan kembali dalam keadaan sehat dan sukses.

Related Post

“Penugasan ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan Pimpinan Polri kepada Polda Kaltom, dimana wilayah Polda Kaltim ini dinilai aman secara keseluruhan sehingga mempercayakan pasukannya atau personilnya untuk diberangkatkan atau BKO ke Polda Papua,” pungkas Kapolda.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kaltim dan Wakapolda Kaltim dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.