Safari Ramadan, Wali Kota Umumkan Salat Id Hanya di Masjid Dan Mushola Saja

Balikpapan,Gerbangkaltim.com– Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengumumkan pelaksanaan salat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah hanya boleh dilaksanakan di masjid dan mushala.

“Kesimpulannya ada kemungkinan shoilat Idul Fitri hanya di masjid dan mushola saja, tidk diijinkan di lapangan terbuka,”ujar Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi disela-sela pelaksanaan Safari Ramadan dan Nuzulul Quran di Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center, Rabu (28/4/2021).

Rizal mengatakan, kebijakan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi kepala daerah se-Indonesia bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dilanjutkan, rapat koordinasi forum komunikasi pimpinanan daerah (Forkompida).

Namun masih harus di rapatkan lagi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan terkait kemungkinan tersebut.

“Karena itu tadi kita berkesimpulan, tapi belum diputuskan, karena masih harus berkoordinasi dengan Kemenag dan MUI,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Rizal, Pemkot Balikpapan juga berencana akan mengurangi jam kegiatan malam bagi pelaku usaha yakni hanya diperbolehkan buka sampai jam 22.00 Wita, selebihnya hanya boleh take away saja.

“Kemudian juga untuk tempat-tempat wisata seperti pantai manggar akan ditutup sepanjang libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah,” paparnya.

Pemkot Balikpapan juga, katanya, akan meminta semua rumah sakit untuk kembali mempersiapkan tempat perawaratan COVID-19, dimana kita memiliki 423 tempat tidur pasien covid di 11 rumah sakit.

“Upaya ini sebagai langkah antispasi kemungkinan melonjaknya kembali angka COVID-19, pasca liburan idul fitri,” jelasnya.

Sementara itu, Safari Ramadan dan Nuzulul Quran di Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center juga dihadiri Sekot Balikpapan Syadi MN Fadli.

Dimana kegiatannya dimulai salat isya dan taraweh berjamaah yang kemudian dilanjutkan denhan peringatan nuzulul Quran, dimana yang menjadi imam dan khatib dalam kegiatan ini adalah Al Mukarram KH M Jailani Mawardi.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi juga secara simbolis juga menyerahkan sejumlah souvenir kepada pengurus masjid Mahdinatul Iman, diantaranya 1 unit vakum cleaner, 15 buah Al Quran serta 15 perangkat alat salat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *