Kunjungi Komam, PKK Paser Sinkronisasi Program dan Ajak Komitmen Desa

PASER, Gerbangkaltim.com – Dalam rangka sinkronisasi program tahun 2022, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Paser Sinta Rosma Yenti mengunjungi PKK Muara Komam, Senin (03/05/2021). Kunjungannya diterima Camat Muara Komam Abdul Rasyid, Ketua PKK Muara Komam Reny Lingga Yuniar Diningrum, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, sejumlah kepala desa dan Badan Permusyawartan Desa.

Ketua PKK Kabupaten Paser Sinta Rosma Yenti mengajak kepala desa dan Camat Muara Koman serta Ketua PKK untuk bersama-sama berkomitmen dalam meningkatkan program kesejahteraan keluarga.

“Kami harapkan komitmen kita untuk menyukseskan program PKK yaitu meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Sinta menyoroti bahwa PKK di desa banyak yang tidak berjalan atau bekerja karena keterbatasan anggaran. Padahal menurutnya, anggaran di setiap desa bisa digunakan untuk mendukung program PKK. Saat ini Pemerintah Kabupaten Paser akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur hal itu.

“Tinggal nunggu Perbub yang mengatur, jadi tidak ada lagi alasan PKK Desa tidak hidup, karena PKK Desa ini dari Desa untuk Desa juga,” katanya.

Sinta berharap PKK Desa dapat berperan dan berkarya untuk pembangunan desa. “Harapan kami setiap PKK Desa, ada yang dibanggakan atau mempunyai unggulan untuk desanya,” ujar Sinta.

Ketua PKK Kecamatan Muara Komam Reny Lingga Yuniar Diningrum mengatakan keberhasilan PKK kecamatan tidak terlepas dari peran Camat, begitu pun juga dengan keberhasilan PKK Desa.

“Sejak tahun 2018, alokasi anggaran untuk PKK Muara Komam dari Kecamatan relatif naik turun. Misal pada pada tahun 2018 anggaran untuk PKK sebesar Rp49 Juta dan dari CSR Rp30 Juta,” katanya.

Pada tahun 2019, lanjut Lingga, PKK Muara Komam mendapat anggaran  Rp48 Juta CSR Rp25 Juta pada tahun 2020 PKK mendapat anggaran Rp52 Juta dan CSR Rp25 Juta. Sedangkan pada tahun 2021 PKK mendapatkan Rp69 Juta, sementara untuk CSR tidak terelesiasi karena anggaran diperuntukkan MTQ tingkat kabupaten.

“Awal Kami tugas melihat anggaran PKK desa Masih kurang, alhamdulillah dengan dukungan Camat Muara Komam kami menyurati desa agar bisa mengalokasikan anggaran minimal Rp15 Juta setiap desa. Walaupun tidak semuanya terpenuhi, dan juga kami 3 Tahun berturut-turut menjadi juara umum HKG tingkat Kabupaten ” ujar Lingga.

Pada kegiatan ini, Ketua PKK Kabupaten Paser Sinta Rosma Yenti bersama para kepala desa melakukan penandatanganan komitmen mendukung program PKK dengan mengalokasikan anggaran kegiatan dari dana desa. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *