Pertamina Innovation Project Kembangkan Inovasi Mahasiswa

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) mendominasi grand final Pertamina Innovation Project yang berlangsung di Hotel BlueSky (Minggu, 06/06). Institut Teknologi Kalimantan berhasil mengirimkan 4 tim yang terdiri dari tim Ruang Etam, SIC, New Village, dan Tim Sukses. Sementara 1 tim lainnya berasal dari Universitas Mulia yaitu JaKa Team.

Pelaksanaan Grand Final Pertamina Innovation Project ini merupakan rangkaian dari beberapa tahap. “Grand Final pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Desember 2020 lalu. Diawali dengan proses pendaftaran ide, kemudian penerimaan makalah, presentasi di depan dewan juri hingga pada hari ini grand final” kata Ketua Panitia Pertamina Innovation Project Kurniawan.

Kurniawan menjelaskan sebanyak 174 peserta dari 10 kampus di Balikpapan mendaftar sebagai peserta Pertamina Innovation Project. Dari 174 peserta tersebut, sebanyak 88 peserta mengirimkan proposal inovasinya. Pertamina kemudian melakukan seleksi untuk memilih 10 peserta guna mempresentasikan ide inovasi mereka.

“Dari 10 peserta yang telah mempresentasikan idenya di dewan juri, kemudian terpilih 5 peserta untuk mengimplementasikan ide inovasi mereka. Grand Final ini untuk menilai hasil implementasi ide inovasi tersebut” ujar Kurniawan.

General Manager Pertamina RU Balikpapan Eko Sunarno mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Pertamina Innovation Project adalah untuk memberikan kesempatan dan wadah kepada mahasiswa agar ide kreatif tidak hanya dalam bentuk konsep semata. “Ide-ide kreatif tersebut harus dapat diimplementasikan dan kita dapat lihat bagaimana hasilnya.” kata Eko.

Lebih lanjut Eko menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat melahirkan ide yang bermanfaat bagi masyarakat luas. “Terutama ide-ide yang tepat guna, menjawab kebutuhan masyarakat, mudah untuk dilaksanakan, dan tentu saja memberikan manfaat bagi masyarakat” katanya.

Selain itu, Program Pertamina Innovation Project ini menurut Eko merupakan salah satu komitmen Pertamina RU Balikpapan untuk memberikan manfaat bagi pengembangan generasi muda di Indonesia. “Kegiatan ini juga salah satu implementasi tujuan perusahaan untuk berkontribusi memajukan SDM” katanya.

Setelah melalui penjurian yang cukup panjang, Tim Ruang Etam yang terdiri dari lima orang mahasiswa ini yang berhasil keluar menjadi pemenang meraih uang tunai Rp 10 juta. Mereka mempresentasikan hasil karya inovasi mereka yaitu, pemanfaatan limbah pelepah kelapa sawit sebagai bahan baku pembuat kertas.

Untuk juara kedua masih dari ITK yaitu tim Sukses. Mereka mengembangkan aplikasi konsultasi psikologi dengan keunggulan fitur self healing.

Tim SIC juga dari ITK berhasil mendapat juara ketiga. Mereka mengembangkan digitalisasi media pembelajaran dengan menggunakan teori gamification atau pembelajaran dalam metode game. Juara keempat JaKa team dari Universitas Mulia yang mengembangkan aplikasi pencari jasa untuk membantu masyarakat mencari jasa perbaikan. Juara kelima New Village yang mengembangkan sistem pengasapan ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *