ADV

Anggota DPRD Kaltim Amiruddin Sosialisasi Perda Pajak Daerah di Rantau Panjang

PASER, Gerbangkaltim.com – Anggota DPRD Provinsi Kaltim daerah pemilihan Paser-PPU, H. Amiruddin, kembali menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2019 tentang pajak daerah di aula kantor Desa Rantau Panjang, Sabtu (24/07/2021).

Kegiatan ini dihadiri anggota DPRD Paser Daerah Pemilihan 1, Basri Mansyur, dan Kepala Desa Rantau Panjang, Sabri

Adapun dua narasumber sebagai pembicara adalah M. Faisal dari Kantor Dagang Indonesia (Kadin) dan Ropi’i Kasi Media Publik Dinas Komunikasi Informatika Statistik Persandian Paser.

M. Faisal menuturkan pajak dan retribusi daerah merupakan komponen dari Pendapatan Asli Daerah yang memberikan kontribusi besar bagi PAD.

Menurutnya masyarakat merupakan salah satu faktor penentu peningkatan peningkatan PAD dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Tambah dia, banyak diantara masyarakat yang mengabaikan pentingnya membayar pajak. Sehingga perlu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang dilakukan oleh pemangku kepentingan yang terkait.

Padahal Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kaltim dari pajak daerah cukup signifikan yakni mencapai 78 persen. Sementara pajak daerah menyumbang 39 persen dalam postur APBD Provinsi Kaltim.

Related Post

Bagi hasil pajak kendaraan bermotor dari Provinsi Kaltim kepada Kabupaten Paser pada tahun 2020 mencapai Rp166 Miliar. Angka tersebut kata dia pada tahun 2021 ini diperkirakan akan meningkat hingga Rp200 Miliar.

“Penerimaan bagi hasil pajak ini bisa lebih besar jika masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi untuk membayar pajak. Maka dari itu mari kita membayar pajak untuk pembangunan Paser,” ucapnya.

Sementara Kasi Media Publik Dinas Komunikasi Informatika Statistik Persandian Paser Ropi’i mengatakan Perda Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2019 ini merupakan perubahan kedua atas Perda nomor 1 tahun 2011.

Perubahan Perda terjadi karena usia Perda sudah cukup lama, sehingga harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini. Belum lagi saat nilai inflasi berbeda dibanding saat Perda sebelumnya dibuat.

Ropi’i menambahkan latar belakang perubahan Perda bertujuan untuk mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak.

“Sebab Pendapatan dari sektor pajak ini kontribusinya cukup besar terhadap APBD Provinsi Kaltim, mencapai hingga 40 persen,” tuturnya.

“Semakin banyak pajak, semakin banyak pendapatan untuk pembangunan. Pajak untuk membangun memang tidak langsung terlihat hasilnya. Nanti digunakan untuk bangun jalan, bangun sekolah m, membayar layanan kesehatan BPJS,,” ucapnya. (Adv)

Adm2-gk

Leave a Comment

Recent Posts

TP PKK Kabupaten Paser Raih 3 Penghargaan HKG ke 49 Tahun 2021

PASER, Gerbangkaltim.com – Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua TP PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor hadir, Wakil Ketua TP PKK Kaltim… Read More

September 26, 2021

Produk UP2K TP PKK, hadir di Kaltim Expo Samarinda

PASER, Gerbangkaltim.com-  Pagelaran Kaltim Expo ke 13 tahun 2021 yang dilaksanakan di Atrium Big Mal, Expo tersebut diikuti berbagai macam… Read More

September 26, 2021

Polri Berangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 ke PON XX Papua

JAKARTA- Mabes Polri memberangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 (Revaco) ke perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung… Read More

September 25, 2021

Sosialisasikan Perda Pajak Kaltim, Amiruddin: Untuk Menggerakkan Masyarakat dalam Menyumbang PAD

PASER, Gerbangkaltim.com - Anggota DPRD Provinsi Kaltim daerah pemilihan Paser-PPU, H. Amiruddin, kembali menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim… Read More

September 25, 2021

PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

Jakarta, Gerbangkaltim.com- PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan… Read More

September 25, 2021

TP PKK Kota Balikpapan Juara Umum Lomba HKG ke-49 Tahun 2021 Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan, Gerbangkaltim.com com — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Balikpapan yang berhasil menjadi juara umum pada Lomba… Read More

September 25, 2021

This website uses cookies.