Kideco Gelar Vaksinasi pada Ribuan Karyawan dan Keluarga secara Bertahap

PASER, Gerbangkaltim.com – Salah satu anak Perusahaan Indika Energy, PT Kideco Jaya Agung melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong di mine site Kideco Paser, Sabtu (24/07/2021) lalu. Vaksinasi tersebut menyasar 2.500 karyawan lebih itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong adalah Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor, M. Si yang sekaligus resmi membuka kegiatan vaksinasi gotong royong di lingkungan Kideco.

Selain Gubernur, hadir juga Bupati Paser dr Fahmi Fadli, Dandim 0904/Tng Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr  (Han), Kapolres Paser AKBP Eko Susanto,SIK, CEO Indika Energy yang juga Komisaris Utama Kideco, Azis Armand,  Direktur Indika Energy Retina Rosabai, Presiden Direktur Kideco, M.Kurnia Ariawan dan Ketua Kadinda Kaltim Dayang Donna Faroek dan hadir secara virtual Ketua Kadin Indonesia M. Arsjad Rasjid P.M.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim, H.Isran Noor menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Kideco Jaya Agung  yang telah melaksanakan vaksinisasi gotong royong bagi karyawan dan keluarga.

“Saat ini dinamika jumlah kasus covid di Kaltim mengalami peningkatan yang sangat  pesat. Karena itu, saya berharap dengan adanya kegiatan vaksinasi gotong royong  ini dapat mencapai target diseluruh kabupaten/kota di wilayah Kaltim,” kata Isran.

Gubernur berpesan untuk menjaga kesehatan dan tingkatkan imun dengan makan makanan yang bergizi. Menurutnya, berdasarkan penelitian dan hasil dilapangan saat ini, hasil dari vaksinasi ini sudah nyata, dan orang yang sudah divaksin tidak berisiko bila positif covid-19 atau tanpa gejala berat.

“Jaga protokol kesehatan dan kita harus disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan, dan terakhir menjaga tubuh kita tetap kuat dari corona ya harus di vaksinasi,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli juga memberikan apresiasi dengan kegiatan vaksinasi gotong royong yang dilaksanakan Kideco. Program vaksinasi gotong royong pada prinsipnya sama, yakni tercapainya Herd Immunity.

“Jangan takut untuk divaksin. Kita harus menjadi bagian upaya untuk mempercepat memutus mata rantai virus Covid-19 melalui vaksin. Mari kita cegah Covid-19 agar tidak semakin menular, karenanya mari galakan protokol kesehatan karena selain dengan di vaksin,  mematuhi protokol kesehatan juga adalah untuk dapat terhindar dari Covid-19,” ucap Bupati.

Secara virtual Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid menyampaikan terima kasih banyak kepada Indika Energy Group yang telah mendukung program Vaksinasi Gotong Royong ini.

“Banyak program yang dilaksanakan oleh KADIN dan dunia usaha dalam mendukung pemerintah dalam percepatan penanggulangan covid 19 di tanah air,” ujarnya.

CEO Indika Energy yang juga Komisaris Utama Kideco, Azis Armand  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya program vaksinasi gotong royong di lingkungan itu.

“Ini merupakan program yang diselenggarakan pemerintah dan KADIN, serta didukung berbagai pihak dengan total lebih dari 21.000 karyawan dan keluarga yang telah didaftarkan,” ujarnya.

Vaksinasi ini dimulai sejak 9 Juni lalu dan dilakukan secara bertahap di berbagai daerah sesuai dengan wilayah operasional Indika Energy Group termasuk Jabodetabek, Kalimantan Timur, dan Papua.

Indika Energy Group, lanjut dia, juga bergotong royong dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia  (KADIN) melalui inisiatif Oksigen Untuk Negeri. Indika menyumbang 8.000 silinder oksigen  berukuran 40 liter, 47 liter dan 50 liter yang sudah terisi, beserta 12 unit ISO Tank berkapasitas 20.000 liter dan oksigen cair untuk mendukung pemulihan bangsa akibat pandemi COVID-19.

Indika Energy melalui anak usahanya yaitu Tripatra Engineers and Contractors, juga turut mendukung pembangunan Rumah Oksigen Gotong-Royong yang diinisiasi oleh KADIN Indonesia dan berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Rumah Oksigen ini merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi warga yang terpapar COVID-19 dengan gejala sedang Sebagai elemen masyarakat.

Presiden Direktur Kideco M Kurnia Ariawan dalam sambutannya mengatakan, program vaksinasi Gotong Royong diharapkan dapat ikut menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok, memotong mata rantai penularan dan menghentikan wabah.

“Vaksinasi Gotong Royong merupakan upaya dari dunia usaha di Indonesia, melalui naungan Kadin, untuk serta membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan percepatan cakupan vaksinasi Covid 19 untuk mencapai Herd Immunity,” paparnya.

Dalam tahap pertama ini, yang divaksin adalah sejumlah 800 orang yang terdiri dari Karyawan tetap dan keluarga. Kemudian akan dilanjutkan dengan tahap berikutnya dalam waktu dekat, sehingga target vaksinasi 2.500 karyawan, keluarga karyawan dan Labor supply bisa terwujud.

“Kelanjutannya, pada minggu ini dan minggu depan, Mitra mitra kerja kami juga akan memulai vaksinasi bagi karyawannya. Harapan kami, 13.000 jiwa karyawan yang bekerja di minesite PT Kideco Jaya Agung bisa selesai di vaksinasi dalam waktu dekat.

Program Vaksinasi ini merupakan usaha bersama untuk melawan virus Covid 19, dan bagian penting dalam upaya memutus rantai penularan virus Covid 19. Bersama Kita Bisa Lawan Covid 19. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *