Warga Martapura Bentuk RKKBM

 

Balikpapan, GerbangKaltim- Warga Martapura Kalimantan Selatan yang tinggal di Kota Balikpapan telah membentuk Rukun Kematian Keluarga Bubuhan Martapura yang disingkat dengan RKKBM.

Organisasi sosial keagamaan ini telah di resmikan Senin (2/8) malam di Musalla AT-TASLIM Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan.

Ketua RKKBM  H Muhammad Amin mengatakan tujuan dibentuknya organisasi ini untuk memudahkan urusan apabila ada warga Martapura yang meninggal dunia, terutama dalam hal pengurusan pemakaman.

“Apabila ada anggota RKKBM yang meninggal dunia, keluarganya tidak perlu repot ngurus jenazahnya,” ujar H Muhammad Amin kepada GerbangKaltim, Selasa (3/8).

Ditemui di Sekretariat RKKBM di Pasar Inpres Kebun Sayur, H Muhammad Amin menambahkan pengurus menyiapkan peralatan pemakaman, seperti kain kapan, penggali kubur, pembaca talqin dan lain-lainnya.

Kepengurusan RKKBM terdiri dari Ketua H Muhammad Amin, Wakil Ketua Muhammad Sahli, Seketaris M Rusdi wakil sekretaris H Diar Fauzi, Bendahara Muhammad Naufal dan wakil bendahara Muhammad Hudri.

Related Post

Kepengurusan juga dilengkapi dengan Penasehat dan beberapa seksi diantarannya seksi Humas dan Publikasi,  seksi penggali kubur, seksi keamanan, konsumsi dan lainnya.

Sekretaris RKKBM M Rusdi menambahkan  pihaknya juga menyediakan mobil jenazah yg siap ngantar jenazah bukan hanya di Balikpapan tetapi juga ke luar daerah seperti Martapura dan daerah lainnya.

“Seandainya ada yang minta antarkan jenazah keluarganya keluar daerah, kita siap ngantar,” kata M Rusdi.

Rusdi menambahkan untuk lancarnya kegiatan RKKBM ini, semua anggota harus membayar uang iuran bulanan Rp 20 ribu perbulan.

Sampai Selasa (3/8) sudah tercatat sekitar 100 orang warga Martapura yang tinggal di Balikpapan menjadi anggota RKKBM.

Anggota RKKBM ini adalah warga Balikpapan yang lahir di Martapura, atau yang menikah dengan orang Martapura atau yang bersimpati dengan RKKBM. (ms).

Wartono:
Leave a Comment

This website uses cookies.