GerbangKALTIM

Pelajar Balikpapan Ikut Event Nasional Parlemen Remaja DPR RI

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Guna mendapatkan hal baru di bidang perpolitikan, seorang siswa SMK Airlangga Balikpapan bernama Achmad Bagus Syaifullah (17) mengikuti even nasional tingkat pelajar “Parlemen Remaja DPR RI” selama 5 hari secara virtual yang digelar Sekretaris Jenderal (Setjen) DPR RI.

Dalam mengikuti “Parlemen Remaja DPR RI” ini, Achmad Bagus Syaifullah difasilitasi oleh Sekretariat DPRD Balikpapan, di bawah bimbingan langsung Plt Sekwan DPRD Balikpapan Irvan Taufik di Gedung DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan.

Kegiatan yang dikemas dalam rapat khusus ini diikuti seluruh peserta dengan sejumlah pemateri rapat tingkat nasional mengambil tema pembahasan tentang Undang-Undang Penyiaran.

Ikut Parlemen Remaja DPR RI, menurut siswa kelas 11 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini, tak lain untuk menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan, khususnya di bidang politik.

“Motivasi mengikuti kegiatan Parlemen Remaja DPR RI ini tak lain untuk mencari hal baru, serta menambah pengetahuan semasa muda untuk bekal di masa depan,” kata Achmad Bagus Syaifullah saat ditemui di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Selasa (14/09/2021).

Menurut Achmad, demikian dia disapa, kegiatan politik Parlemen Remaja DPR RI ini adalah kali pertama diikuti. Tujuannya, ke depan sebagai upaya menambah wawasan dan relasi di masa depan. Apalagi dari keluarganya tidak satupun yang terjun dalam bidang politik ini. Dan dirinya berharap ke depan bisa mempelajarinya.

“Difasilitasi oleh Sekretariat DPRD Balikpapan, karena keterbatasan fasilitas yang saya miliki, seperti laptop, internet, tempat serta lainnya. Setelah mengajukan permohonan bantuan ke DPRD Balikpapan, Alhamdulillah Sekretariat DPRD Balikpapan bisa memfasilitasinya,” imbuh anak pertama dari 3 bersaudara pasangan Muchlisyanto dan Ina Setiawati ini.

Related Post

Dia menjelaskan, menjadi peserta Parlemen Remaja DPR RI ini cukup berat. Pasalnya, dia harus bersaing dengan pelajar-pelajar seusianya diseluruh daerah di Kalimantan Timur (Kaltim). Dirinya harus bersaing dengan 5.438 pelajar se-Indonesia, khususnya dalam tahap seleksi.

“Dari 5.438 peserta di 80 Dapil (daerah pemilihan) di 34 provinsi di Indonesia, setelah dilakukan seleksi terpilih 131 peserta dengan nilai terbaik di masing-masing provinsi. Di Kalimantan Timur ada dua peserta yang lolos seleksi hingga berhak mengikuti kegiatan ini,” terang Achmad.

Selain dirinya, satu delegasi asal Kaltim yang mengikuti kegiatan ini adalah Arya Ramadhan Pratama, pelajar asal Kabupaten Berau. Lebih lanjut, kata Achmad, Parlemen Remaja DPR RI ini dilaksanakan secara virtual selama 5 hari, mulai Senin 13 September hingga Jumat 17 September 2021, mulai pukul 08.00 – 17.00 WITA.

“Harapan saya, kita juga difasilitasi dan diberikan kesempatan berkunjung ke DPR RI di Jakarta, seperti peserta-peserta lain sebelum pandemi COVID-19 melanda tanah air. Mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan saya hingga ke DPR RI,” harap warga Jalan Pandan Arum, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah ini.

Sementara itu, Plt Sekwan DPRD Balikpapan Irvan Taufik mengatakan, yang pertama ini kegiatan Kesekretariatan DPR RI, yakni memberikan kesempatan kepada pelajar tingkat SMA di seluruh Indonesia untuk mengikuti even nasional bertajuk Parlemen Remaja DPR RI.

“Kebetulan Balikpapan ada 1 orang yang lolos seleksi. Karena yang bersangkutan tidak mempunyai fasilitasnya, maka Sektretariat DPRD Balikpapan memberikan fasilitas seperti laptop, internet, tempat, serta fasilitas lainnya,” ujar Irvan Taufik.

“Hal itu dilakukan Sekretariat DPRD Balikpapan karena berkaitan dengan kegiatan kedewanan. Melalui kegiatan ini, paling tidak kita punya satu orang yang sudah memahami pekerjaan seorang anggota DPRD diusia remaja. Makanya kita membantu dia dengan memberikan fasilitasnya,” tutup Irvan.

hilmansyah muhammad

Leave a Comment

Recent Posts

TP PKK Kabupaten Paser Raih 3 Penghargaan HKG ke 49 Tahun 2021

PASER, Gerbangkaltim.com – Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua TP PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor hadir, Wakil Ketua TP PKK Kaltim… Read More

September 26, 2021

Produk UP2K TP PKK, hadir di Kaltim Expo Samarinda

PASER, Gerbangkaltim.com-  Pagelaran Kaltim Expo ke 13 tahun 2021 yang dilaksanakan di Atrium Big Mal, Expo tersebut diikuti berbagai macam… Read More

September 26, 2021

Polri Berangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 ke PON XX Papua

JAKARTA- Mabes Polri memberangkatkan 100 Resimen Vaksinator Covid-19 (Revaco) ke perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung… Read More

September 25, 2021

Sosialisasikan Perda Pajak Kaltim, Amiruddin: Untuk Menggerakkan Masyarakat dalam Menyumbang PAD

PASER, Gerbangkaltim.com - Anggota DPRD Provinsi Kaltim daerah pemilihan Paser-PPU, H. Amiruddin, kembali menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim… Read More

September 25, 2021

PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU

Jakarta, Gerbangkaltim.com- PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendaraan… Read More

September 25, 2021

TP PKK Kota Balikpapan Juara Umum Lomba HKG ke-49 Tahun 2021 Provinsi Kalimantan Timur

Balikpapan, Gerbangkaltim.com com — Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Balikpapan yang berhasil menjadi juara umum pada Lomba… Read More

September 25, 2021

This website uses cookies.