Program Magang Virtual 2021 Kemenaker Resmi Dibuka

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Program Magang Virtual 2021 yang digelar Direktorat Bina Penyelenggaraan Vokasi dan Pemagangan (Dit Binalavogan) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia akhirnya secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Dirjen Binalavotas) Budi Hartawan, Senin (20/9).

Pembukaan digelar secara daring diikuti jajaran pejabat Kementerian Ketenagakerjaan, peserta yang lulus seleksi dan juga perwakilan pihak perusahaan yang menjadi mitra dalam program tersebut.

Dalam laporannya, Direktur Bina Penyelenggaraan Vokasi dan Pemagangan, Muhammad Ali mengatakan, program magang virtual mendapat antusiasme tinggi dari para pencari kerja. Sedikitnya ada 2.127 pelamar sejak pendaftaran dibuka mulai 11-29 Agustus lalu.

“Dari 2000-an peserta yang daftar, ada 70 peserta yang lulus seleksi dan memenuhi persyaratan. Mereka akan magang di 7 perusahaan rekanan yang memiliki 20 brands. Mereka dipilih untuk mengisi beberapa posisi pekerjaan selama 3 bulan. Diantaranya Content Creator, Digital Marketer, Project Officer dan Affiliate Marketer,” kata Muhammad Ali.

Tujuh perusahaan diantaranya, PT. Sari Kreasi Boga, PT. Demokrasi Ekonomi Nusantara, PT. Media Nuswantara, PT. Sainskerta Solusi Nusantara, PT. Sekar Tekno Kreatif, PT. Dewa Aksara Nusantara, dan PT. Atourin Teknologi Nusantara. “Perusahaan tersebut bergerak di sektor jasa kuliner, pariwisata, digital agency, teknologi, production house, Health-tech, dan beberapa sektor lain,” sebutnya.

Sementara itu, Dirjen Binalavotas Kemnaker RI Budi Hartawan dalam sambutannya memberikan apresiasi terkait program ini. Dirinya berharap peserta magang virtual yang lulus seleksi bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dibidang yang dipilih. Karena akan dibimbing mentor-mentor berpengalaman dari masing-masing perusahaan.

Respon positif juga disampaikan perwakilan pihak perusahaan. Ananto Wibisono, perwakilan dari PT. Atourin Teknologi Nusantara yang bergerak dibidang layanan pariwisata mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung program yang digelar Kemnaker. Menurutnya dengan magang virtual bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat yang ingin belajar mendalami berbagai bidang pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki.

Senada, Nilam, perwakilan PT. Sari Kreasi Boga mengatakan pihaknya juga sangat antusias terkait program ini. Karena saat seleksi, diketahui beberapa pendaftar memiliki kemampuan yang cukup dan mengerti terkait bidang pekerjaan yang dipilih.

Untuk diketahui, program magang virtual yang digelar Kemnaker memberikan keuntungan bagi peserta ditengah minimnya akses program magang secara offline di tengah pandemi covid 19 yang masih terjadi di Indonesia. Selain memperoleh sertifikat dari perusahaan, juga mendapatkan uang saku, mendapat jaminan kecelakaan dan kematian meski hanya bekerja dari rumah.(Kemenaker)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *