GerbangKALTIM

Capaian Rendah, Baru 1.128 Ibu Hamil Yang Telah Divaksin

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan terus menggencarkan vaksinasi kepada ibu hamil di Balikpapan. Jumlah ibu hamil yang telah divaksin ada telah mencapai 1.128 orang dari 2.500 orang yang menjadi target sasaran.

“Ini yang pertama kali kami laksanakan di RSUD Beriman Balikpapan,” ujar Dokter Rinda dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Jumat (24/9/2021).

Rinda mengatakan, hari ini target vaksinasi sebanyak 112 orang. Namun, karena Balikpapan diguyur hujan sehingga sampai siang tadi baru sekitar 50 persen yang hadir ibu hamil.

“Target hari ini sebanyak 112 orang, namun yang hadir baru sekitar 60 orang. karena lagi hujan deras,” jelasnya.

Saat ini pihaknya, lanjut Rinda, terus menghubungi ibu hamil yang akan mendapatkan suntikan vaksinasi jenis moderna tersebut.

Dikatakannya, sejak di launching vaksinasi ibu hamil di Sentra Vaksinasi Gedung BSSC Dome, saat ini ada sebanyak 1.128 ibu hamil yang telah divaksin dari sasaran sebanyak 2.500 orang ibu hamil se Balikpapan.

“Sebelum di RSUD Beriman Balikpapan, pihaknya juga telah melaksanakan vaksinasi ibu hamil di RS Sayang Ibu, dan rencananya juga akan dilaksanakan di RS Ibu dan Anak Asih, Sepinggan,Balikpapan Selatan,” ujarnya.
Ditambahkannya, vaksinasi di RS Ibu dan Anak Asih, Sepinggan,Balikpapan juga akan menyasar ratusan ibu hamil.

Related Post

Rinda menjelaskan, rendahnya capaian vaksinasi ibu hamil di Kota Balikpapan karena ada beberapa kendala.

“Salah satunya ada beberapa kasus ibu hamil yang takut divaksin,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ibu hamil juga harus mendapat izin dari suami, orangtuanya maupun mertua. Kemudian juga ada pasangan suami istri yang takut karena anak pertama.

“Karena ibu hamil itu vaksin bukan buat dirinya, dia harus izin dari suami Izin sama orang tua, izin sama mertua, jadi itu yang jadi satu kendala,” paparnya.

Kemudian ada yang takut divaksin, jelasnya, karena keselamatan bayi, yang anak pertama, sudah susah dapatnya. “Jadi capaian kami masih rendah sekali,” jelasnya.

Bagi ibu hamil yang akan divaksin, katanya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Usia kehamilan diatas 13 minggu. Vaksinasi yang dibawa buku KIA, membawa KTP, pulpen supaya gak bergantian dalam pengisian formulir, dalam kondisi sehat, terus harus sarapan dulu. Semua ibu hamil diharapkan bisa mengikuti vaksin,” tutupnya.

hilmansyah muhammad

Leave a Comment

Recent Posts

Amiruddin Gelar Sosialisasi Pajak Daerah di Desa Jone Untuk Optimalkan Penerimaan PAD

  PASER, Gerbangkaltim.com- Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Amiruddin Entong menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Daerah di Gedung Pertemuan Desa… Read More

October 17, 2021

1.800 Warga Baltim dan Pelajar Dapat Suntikan Vaksin Pflizer

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan mendapatkan kiriman sebanyak 28.000 dosis vaksin jenis pflizer yang akan digunakan untuk akselerasi vaksinasi… Read More

October 16, 2021

100 Rumah Tidak Layak Huni di Balikpapan Direhab

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kota Balikpapan mendapatkan bantuan rehabilitasi 100 rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni (RLH) di… Read More

October 16, 2021

Sempat Hilang, Tim Sar Gabungan Temukan Jasad ABK TB Genoya 10

Kutai Kerta Negara, Gerbangkaltim.com - Supriyadi (26), anak buah kapal (ABK) TB Gonaya 10 yang hilang di Sungai Mahakam di… Read More

October 16, 2021

Kabid Humas Polda Kaltim Imbau Masyarakat Tidak Mudah Percaya Pinjaman Online

Balikpapan, Gerbangkaltim.com - Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo meminta masyarakat Kalimantan Timur untuk tidak tergiur dengan kecepatan… Read More

October 15, 2021

Dukung Herd Immunity, Pangkalan TNI AL Balikpapan Serbu Vaksin Ojol

Balikpapan, Gerbangkaltim.com - Guna membantu pemerintah untuk mendukung percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 dan terbentuknya Herd Immunity di masyarakat, Pangkalan TNI… Read More

October 15, 2021

This website uses cookies.