GerbangKALTIM

Pertamina Latih IRT Soal Mitigasi Bencana

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan terus melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di lingkungan sekitar operasional Perusahaan. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk “Pelatihan Kebencanaan Skala Rumah Tangga” guna mendorong produktifitas masyarakat khususnya pada level ibu rumah tangga sebagai bentuk pemberdayaan perempuan. Kegiatan ini merupakan sebuah inisiatif pertama yang dilakukan sebagai bentuk kontribusi Perusahaan dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) utamanya di bidang pengembangan kapasitas bagi Perempuan dalam ranah kesiapsiagaan bencana yang di laksanakan untuk kelompok Siaga Bencana Patra Sadewa (Satuan Terdepan Lawan Bencana) di Kelurahan Muara Rapak. (4/9/2021).

Program CSR yang diberikan Pertamina di kelurahan Muara Rapak yang menjadi Ring 1 Perusahaan sangat beragam mulai program Kesehatan di Posyandu RT 68, program lingkungan di RT 49 dan di tahun ini dibentuk program Kebencanaan di RT 44 dan 45 yang anggotanya semua adalah ibu-ibu rumah tangga. “Alhamdulillah sekali saya sangat berterimakasih kepada Pertamina yang telah memberikan pendampingan CSR dan pelatihan seperti saat ini yang dapat mengembangkan dan memajukan warga kami kelurahan Muara Rapak” tutur Bima Wibisono selaku Lurah Muara Rapak yang hadir memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Catur Yogi Prasetyo selaku Supervisor HSSE Integrated Terminal Balikpapan dalam sambutannya menyatakan “Terima kasih atas kesediaan para ibu-ibu sekalian yang telah berpartisipasi dalam kegiatan CSR kami semoga dengan diadakannya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dalam menghadapi bencana yang terjadi di lingkungan Rumah Tangga”. Ungkap Catur sekaligus membuka pelatihan tersebut dengan ketukan mic tiga kali tanda pelatihan resmi dibuka.

HSSE Integrated Terminal Balikpapan sebagai bagian dari Pertamina juga memberikan edukasi mengenai pemadaman api ringan dengan berbagai peraga yang disediakan diantaranya APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan Fire Blanket serta tahapan-tahapan penggunaan media tersebut dalam praktik rumah tangga.

Tidak hanya seputar materi kebencanaan dan kelistrikan saja yang diberikan dalam pelatihan ini, Pertamina juga menggandeng PMI kota Balikpapan dalam memberikan materi mengenai pertolongan pertama bagi korban bencana sekaligus praktik mannequin di sesi RJP (Resusitasi Jantung Paru) yang di ikuti oleh seluruh peserta pelatihan dengan sangat antusias.

Related Post

Pembicara perdana dalam pelatihan tersebut mengaku sangat senang berkesempatan menjadi pembicara pagi itu, beliau mengatakan “saya sangat senang bisa hadir di tengah-tengah peserta pelatihan karena ini juga merupakan sebuah agenda kami di PLN untuk rutin memberikan sosialisasi kelistrikan bagi warga masyarakat di Kota Balikpapan dan Alhamdulillah saya dipertemukan oleh sekian warga untuk menyampaikannya di sini” pungkas Ambo Tuwo Pejabat K3L dan Pengamanan UIW Kaltimra.

Salah satu pembicara dari BPBD Kota Balikpapan mengatakan bahwa “Ada 3 hal yang dapat menyelamatkan berdasarkan sebuah survey, pertama dari tingkat Sumber Daya Manusia sebanyak 1.70% ,kedua dari diri sendiri sebanyak 35 % dan ketiga dari bantuan orang lain sebanyak 26% berasal dari prosentase tersebut diri sendiri merupakan prosentase paling tinggi untuk itu dengan adanya pelatihan ini ibu-ibu dapat mengatasi bencana yang terjadi nantinya tanpa rasa panik” pungkas Riduan selaku Kabid Kesiapsiagaan BPBD Kota Balikpapan.

Sebagai keluanjutyan dari pelatihan, saat ini sedang direncanakan adalah pemasangan rambu kebencanaan seperti rambu kawasan rawan longsor, kawasan rawan banjir, kawasan rawan kebakaran, kawasan terdampak kekeringan dan rambu yang lain. Lokasi titik pemasangan akan dikoordinasikan antara BPBD, RT serta Kelurahan kepada warganya untuk mendapatkan izin memasang rambu tersebut.

Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria mengungkapkan “Kami akan selalu berupaya menjalankan program CSR yang memang kami prioritaskan pada kelompok-kelompok rentan, utamanya dalam menjalankan program pemberdayaan. Kami akan selalu support peran perempuan dalam berbagai sektor karena dengan pendekatan perempuan sebagai agen perubahan di masyarakat akan menciptakan pergerakan progressive karena perempuan itu sendiri memiliki peran strategis khususnya di lingkungan rumah tangga. Maka dari itu kami bentuk kelompok perempuan yang nantinya dapat menjadi penyelamat bagi keluarganya dalam menghadapi bencana di lingkungan sekitarnya. Hal ini juga sejalan dengan target Pertamina sebagai Perusahaan Energi Nasional yang memiliki kontribusi dalam pencapaian SDGs di Kota Balikpapan pada pilar Pembangunan Nasional ke 5 yaitu mencapai kesetaraan Gender dan memberdayakan kaum perempuan dan tujuan ke 11 yaitu menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, Tangguh dan berkelanjutan”.

hilmansyah muhammad

Leave a Comment

Recent Posts

Amiruddin Gelar Sosialisasi Pajak Daerah di Desa Jone Untuk Optimalkan Penerimaan PAD

  PASER, Gerbangkaltim.com- Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Amiruddin Entong menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Daerah di Gedung Pertemuan Desa… Read More

October 17, 2021

1.800 Warga Baltim dan Pelajar Dapat Suntikan Vaksin Pflizer

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan mendapatkan kiriman sebanyak 28.000 dosis vaksin jenis pflizer yang akan digunakan untuk akselerasi vaksinasi… Read More

October 16, 2021

100 Rumah Tidak Layak Huni di Balikpapan Direhab

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kota Balikpapan mendapatkan bantuan rehabilitasi 100 rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni (RLH) di… Read More

October 16, 2021

Sempat Hilang, Tim Sar Gabungan Temukan Jasad ABK TB Genoya 10

Kutai Kerta Negara, Gerbangkaltim.com - Supriyadi (26), anak buah kapal (ABK) TB Gonaya 10 yang hilang di Sungai Mahakam di… Read More

October 16, 2021

Kabid Humas Polda Kaltim Imbau Masyarakat Tidak Mudah Percaya Pinjaman Online

Balikpapan, Gerbangkaltim.com - Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo meminta masyarakat Kalimantan Timur untuk tidak tergiur dengan kecepatan… Read More

October 15, 2021

Dukung Herd Immunity, Pangkalan TNI AL Balikpapan Serbu Vaksin Ojol

Balikpapan, Gerbangkaltim.com - Guna membantu pemerintah untuk mendukung percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 dan terbentuknya Herd Immunity di masyarakat, Pangkalan TNI… Read More

October 15, 2021

This website uses cookies.