Ketua KPK Minta Warga Kaltim Tidak Takut Laporkan Kepala Daerah Yang Korupsi

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta warga Kalimantan Timur untuk melakukan upaya pencegahan terhadap praktik korupsi. Ia juga meminta masyarakat tidak takut melaporkan perbuatan korupsi kepada penegak hukum, sekalipun pelakunya adalah pejabat negara seperti kepala daerah.

“Kalau ada praktik korupsi di sekitar kita, jangan ragu dan jangan takut. Lawan dan laporkan sekalipun itu pejabat negara, kepala daerah,” ujar Firli saat acara Bimtek Pemberantasan Korupsi di Hotel Swiss Bell Balikpapan, Rabu (13/12/2021).

Firli mengatakan, kegiatan Bimtek ini penting untuk memperkuat peran masyarakat dalam memberantas korupsi. Dengan mengikuti Bimtek ini, masyarakat bisa memahami apa itu praktik korupsi, mengenali modus dan caranya, sampai bagaimana melakukan upaya pencegahan.

Kejahatan korupsi, kata Firli bisa terjadi dan menimpa siapa saja. Pemahaman bahaya korupsi penting bagi masyarakat terutama generasi muda di Kalimantan Timur, agar mereka bisa menghindarinya.

“Apakah itu mulai dari penyadaran, pemahaman bahaya korupsi sehingga mereka tidak ingin terlibat dengan korupsi,” ujarnya.

2 Kepala daerah diminta lakukan perbaikan sistem

Dalam kesempatan itu, Firli juga meminta kepada seluruh kepala daerah di Kaltim untuk melakukan perbaikan sistem di lingkungan pemerintahan masing-masing.

“Walikota harus melakukan pengkajian juga dimana titik yang rawan korupsi dan melakukan perbaikan sistem. Sistem yang baik tidak akan bisa dilakukan korupsi,” ujarnya.

Ia menegaskan agar masyarakat tak perlu takut melaporkan bila melihat dan mengetahui tindakan korupsi yang dilakukan pejabat negara.

“Masyarakat kita minta lihat kalau ada korupsi kita lawan dan laporkan pada KPK,” sambungnya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai isu atau kasus terkait pemberantasan korupsi lainnya, Firli enggan berkomentar.

“Kita datang kesini bukan untuk membahas itu. Oke ya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *