Pemukulan Beduk Oleh Wali Kota, Tandai Pembukaan MTQ Ke 50 Kota Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim,com – Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud yang juga Ketua yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Balikpapan membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 50 Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2021 yang digelar sejak 25 hingga 30 November 2021 mendatang.

Pembukaan penyelenggaraan MTQ ke 50 Kota Balikpapan ini ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh, Sekda Kota Balikpapan Sayid MN Fadli, Dalanal Balikpapan Kolonel Laut Pelaut Siwo Widodo dan Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Penerbang Kolonel Penerbang Dedy Susanto serta Kepala Kemenag Balikpapan Johan Marpaung dan Ketua Panpel Camat Balikpapan Barat Arif Fadillah.

MTQ sendiri merupakan ajang untuk menegakkan syiar Islam melalui lantunan ayat suci Al Qur’an, yang menjadi sumber pedoman dan petunjuk hidup yang aktual dan kontekstual sepanjang masa. Selain itu, MTQ juga dapat membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak Qur’ani yang kelak akan berkontribusi dalam pembangunan.

“MTQ ini menjadi momentum untuk menyerukan kerjasama dalam ketaqwaan dan kebaikan,” ujar Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, saat memberikan sambutan pada pembukaan MTQ ke 50 Tingkat Kota Balikpapan yang berlangsung di Balikpapan Islamic Center, Kamis (25/11/2021).

Dikatakan Rahmad Masud, pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar seremonial rutin tahunan saja. Melainkan harus memiliki makna strategis yang mendukung terwujudnya masyarakat khususnya umat muslim yang memiliki wawasan modern dengan menjunjung tinggi nilai agama.

Apalagi Bangsa Indonesia mengalami masa sulit yakni adanya pandemi Covid 19 yang terjadi hingga saat ini. Sehingga, pemerintah merencanakan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 diseluruh Indonesia pada akhir tahun 2021.

“Untuk mencegah terjadinya lonjakan gelombang ketiga penularan Covid 19,” paparnya.

Selanjutnya, Wali Kota Balikpapan mengajak seluruh masyarakat untuk menerima dan mendukung kebijakan ini demi kebaikan bersama. Tentunya, juga terus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan menyukseskan program vaksinasi sebagai penanganan Covid 19.

Rahmad mengingatkan kepada seluruh Kafilah supaya dapat membangun jiwa kompetisi yang kuat, untuk menjadi yang terbaik dengan tetap menjunjung tinggi nilai silahturahmi dan persaudaraan antar sesama umat Islam.

Kegiatan yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan melalui Kecamatan Balikpapan Barat ini diikuti oleh 258 peserta dari enam Kecamatan di Kota Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *