PASER, Gerbangkaltim.com – Sebanyak empat objek wisata di Kabupaten Paser menjadi sasaran aksi vandalisme pihak tidak bertanggungjawab diantaranya museum Sadurengas, Doyam Turu, gua Mangku Langit dan gua Lusan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Yusuf Sumako mengatakan perbuatan itu telah merusak keindahan dari empat objek wisata tersebut.

“Empat  objek wisata ini sempat dirusak dengan coretan-coretan, dilakukan oleh pengunjung yang usil. Beberapa dinding gua sudah dicorat-coret,” kata Sumako, Rabu (12/11/2020).

Disporapar Paser kata Sumako sementara ini tidak memberikan sanksi kepada oknum pengunjung pelaku vandalisme tersebut dan hanya memberikan teguran secara lisan agar tidak mengulangi perbuatannya.

‘’Kami berikan teguran lisan dan  pembinaan  untuk  pengunjung yang seperti itu. Tapi belum ada sampai membawa kasus perusakan ini ke pihak berwajib,” terang Sumako.

Untuk mencegah kejadian itu Kembali terulang lanjut Sumako, Disporapar mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Paser.

“Kami terus sosialisasi dan merangkul masyarakat untuk menjaga objek wisata kita,” ujarnya.

Sumako berharap keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga objek wisata dapat mengurangi resiko pengurusakan yang dapat mengurangi nilai keindahan objek wisata tersebut.

“Kami harap dengan turut sertanya masyarakat menjaga  objek wisata, nanti tidak ada lagi tempat wisata  yang dirusak atau dicoret-coret,” tutup Sumako. (Ral)

Share.
Leave A Reply