Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, menggelar pemotongan hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di Balikpapan.

“Hewan kurban ini berasal dari warga Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar Kaltim dan Kaltara, dimana nantinya daging kurbannya bukan saja dibagikan bagi warga banjar namun juga warga lainnya yang berhak menerimanya,”ujar Ketua Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, H Redy Asmara, ditemui disela-sela pemotongan hewan kurban, Rabu (21/7/2021).

Dikatakannya, dalam pemotongan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah ini ada sebanyak 5 hewan kurban yang dipotong. Dimana hewan kurban ini merupakan arisan dari pengurus majelis dan warga Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar Kaltim dan Kaltara.

“Mudah-mudahan ditahun depan, jumlah hewan kurbannya bisa bertambah,” paparnya.

Dalam pelaksanaan pemotongan ini, katanya, pihaknya menerapkan prokes sesuai dengan anjuran pemerintah, sehingga pada pemotongan ini tidak banyak yang berkumpul. Petugas ini dibagi dalam tiga kelompok masing-masing petugas pemotong, pengulit hewan kurban dan pemotongan daging kurban.

“Sedangkan untuk daging kurban, kita juga siapkan petugas yang akan mengantarkannya ke rumah-rumah warga penerima,” tegasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kurban Titis Sumaiyah mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilaksanakan Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara setiap Hari Raya Idul Adha .

“Dimana 4 hewan kurban merupakan arisan majelis Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, sedangkan 1 ekor hewan kurban khusus sumbangan ketua,” ujarnya.

Dikatakannya, karena situasi pandemi COVID-19 masih cukup tinggi, sehingga penerapan prokes wajib dilaksanakan dan untuk yang mendistribusikan daging kurban sudah disiapkan petugasnya.

“Bagi yang mendapatkan kupon, bisa mengambil dagingnya secara berkelompok dengan cukup mengirimkan perwakilannya,” jelasnya.

Dalam pemotongan kali ini, sedikitnya ada sebanyak 500 kupon yang disebarkan untuk warga yang memang berhak menerimanya.

Share.
Leave A Reply