Balikpapan, Pemerintah Kota atau Pemkot Balikpapan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPT) Pantai Segara Sari Manggar akan tetap membuka objek wisata Pantai Manggar selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2022.

Dimana nantinya selama momen nataru tanggal 24 Desember hingga 2 Januari, Pantai Manggar akan beroperasi seperti biasa. Namun demikian, ada pembatasan yang dilakukan, dimana kapasitas pengunjung Pantai Manggar akan dibatasi sebesar 50 persen untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan.

Kepala UPTD Pantai Manggar, Rusliansyah mengatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan menghadapi nataru.

“Kita upayakan tetap buka, namun kita akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Walikota, namun untuk malam tahun barunya ditutup,” ujarnya, Jumat (17/12/2021).

Dikatakan Rusliansyah, dengan adanya kebijakan pembatasan pengunjung, maka pihaknya akan memberlakukan system buka tutup di pintu masuk pada objek wisata yang berlokasi di Balikpapan Timur itu.

“Selain itu, dipintu masuk petugas akan melakukan pemeriksaan suhu badan dan memastikan pengunjung menggunakan masker,” paparnya.

Disamping itu, lanjut Rusliansyah, pihaknya juga akan menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi calin pengunjung yang akan masuk obyek wisata tersebut. Setiap pengunjung, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk lokasi pantai manggar.

“Jadi akan ada scan barcode QR di depan loket, ini sudah berjalan sejak launching PeduliLindungi di mal. Jadi langsung kita laksanakan juga pelan-pelan. Mulai kita umumkan agar masyarakat tahu,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Satpol PP Zulkifli menambahkan, tempat wisata dan perbelanjaan wajib menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Tujuannya agar terlihat riwayat berpergian pengunjung kemana saja.

“Saya ingatkan pengelola pantai dan masyarakat untuk taat. Kalau masih tidak menerapkan, maka terpaksa kita tutup karena tidak memenuhi syarat,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply