PPU , Gerbangkaltim.com, – Dalam rangka mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Polda Kaltim turut serta andil mengambil bagian. Salah kegiatan di lokasi adalah pengamanan rutin di IKN.

Seperti yang dilaksanakan oleh Regu C pengamanan daerah pembangunan Ibu Kota Negara, Kali ini mereka melaksanakan peninjauan lokasi pembangunan IKN dan sambang kamtibmas, Rabu (23/02/2022).

Satgas Preemtif Regu C Pengamanan Pembangunan IKN Tersebut melaksanakan peninjauan lokasi Bendungan Semoi dan Titik 0 Kilometer IKN.

Hal tersebut dilaksanakan sebagai wujud deteksi dini guna mengamankan lokasi pembangunan IKN dari ancaman eksternal.

Sebagai informasi di IKN juga akan dibangun Mabes Polri dan Mabes TNI.  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang hadir saat peninjauan IKN Nusantara  menjelaskan bahwa Mabes TNI dan Mabes Polri juga dibangun tak jauh dari Istana. Berada di sisi depan Istana Negara.

Selain itu, tak jauh dari IKN juga akan dibangun bandara sekelas bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Lokasi bandara ini sekitar 20 kilometer dari lokasi IKN, dan merupakan bekas area kelapa sawit yang sudah tidak aktif.

Posisinya di tengah-tengah antara Balikpapan dengan IKN. Strategis karena ada jalan tol. Rencananya runway-nya akan dibangun dengan lebar 45 meter dan panjang 3.000 meter.

Progres pembangunan bandara dimulai tahun 2022 dan selesai awal 2024. Pembangunannya diprediksi selesai sesuai rencana. Sebab, Indonesia dalam membangun bandara-bandara sudah memiliki kemampuan yang memadai.

Sumber : Humas Polda Kaltim

Share.
Leave A Reply