Malinau, Gerbang Kaltim.com – Bupati Kabupaten Malinau,  Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Wempi W Mawa mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau akan segera melaksanakan kegiatan/pembangunan di wilayahnya setelah diketoknya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 senilai 1,383 triliun rupiah, Jumat (31/12/2021).

“Prinsipnya, pemerintah akan segera melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan,” katanya usai pembacaan penetapan besaran APBD Malinau 1,3 triliun lebih oleh Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malinau, Dr Dolvina Damus, di Gedung DPRD setempat akhir tahun 2021 lalu.

Menurut Bupati Wempi W Mawa, yang berpasangan dengan Jakaria, Wakil Bupati Malinau ini, semua sudah terencana dan akan dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sesuai dengan hasil rencana pembahasan kegiatan.

Pemkab Malinau akan segera merealisasikan kegiatan di tahun 2022, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2022 yang sudah ditetapkan sebesar 1,383 triliun rupiah.

Seusai penetapan APBD 2022 melalui Peraturan Daerah (Perda), DPRD Kabupaten Malinau meminta, pemerintah untuk segera merealisasikan belanja kegiatan untuk memacu serapan anggaran pada tahun ini.  Bupati Wempi W Mawa berjanji segera melaksanakan belanja kegiatan tersebut.

Bupati Malinau Wempi W Mawa menyampaikan, setelah APBD ditetapkan, sesegera mungkin pihaknya kegiatan akan melaksanakan kegiatan pembangunan yang mengacu pada peta rencana pembangunan dan kegiatan yang telah dibahas dan disepakati bersama.

Di tahun 2022 ini, kata Bupati Wempi W Mawa, dunia masih dilanda persoalan penyebaran virus Corona. Hal ini turut berpengaruh terhadap realisasi belanja dan serapan anggaran daerah.

Tapi pada prinsipnya, Pemerintah Kabupatean Malinau akan menjamin serapan anggaran dengan mekanisme yang telah ada. Bupati Wempi W Mawa mengatakan, akan mengevaluasi realisasi program di masing-masing OPD untuk mewujudkan kegiatan yang suah terencana.

“Karena kita masih dalam situasi pandemi Covid-19, biaya penanggulangan pandemi juga sudah dirincikan disetiap OPD. Berbeda dari tahun lalu. Tahun ini, pemerintah daerah lebih siap,” kata Bupati Wempi W Mawa.

Share.
Leave A Reply