DPRD DPRD
Anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Nurhadi

Dua Jalan Rusak di Baltim Jadi Sorotan Anggota Dewan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Komisi III DPRD Kota Balikpapan menyoroti dua kerusakan jalan di Balikpapan Timur masing-masing Jalan Mulawarman dan Jalan Proklamasi.

Anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Nurhadi mengatakan, Jalan Mulawarman merupakan satu-satunya akses jalan menuju Kecamatan Balikpapan Timur. Ia mengkhawatirkan jikalau ada jembatan yang sudah tak mampu berdiri kemudian memutus jalan menuju Balikpapan Timur tersebut.

“Kalau sampai (salah satu jembatan) itu roboh pasti betul-betul lumpuh akses ke sana,” ujarnya, Kamis (11/8/2022).

Dikatakannya, Jalan Mulawarman ini awalnya merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Balikpapan, kemudian diambil alih Pemerintah Provinsi Kaltim. Namun seiring dengan dibangunnya jalan tol Balikpapan – Samarinda, jalan ini menjadi akses ke IKN dari Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, sehingga statusnya pun beralih menjadi jalan nasional.

“Seharusnya teman-teman anggota DPR RI itu memperjuangkan dan menyampaikan juga, apalagi di timur itu ya jalan akses menuju ke sana memang hanya Jalan Mulawarman itu,” tegasnya.

Sedangkan jalan alternatif lainnya, kata Nurhadi, Jalan Proklamasi yakni dari TPA Manggar yang tembus ke STT Migas atau Jalan Soekarno-Hatta Km. 8, Balikpapan Utara. Namun kondisi jalan ini masih tidak layak.

“Makanya kemarin saya juga sudah sampaikan kepada Dinas PU (Pekerjaan Umum) terkait perbaikan Jalan Proklamasi juga tetapi katanya belum jadi prioritas karena memang sekitaran jalan itu memang masih sedikit penghuninya,” ungkapnya.

Menurutnya, jalan alternatif tersebut bisa saja digunakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengangkut sampah menuju TPA Manggar.

“Apalagi sekarang Jalan Proklamasi yang menjadi akses utama truk-truk sampah itu rusak karena sehari-harinya dilewati truk-truk sampah, mobil-mobil molen dan lain-lain,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.