Inovasi “Gerakan Perempuan Paser Cinta Politik”, solusi tingkatkan Partisipasi Perempuan dalam Politik

 

PASER, Gerbangkaltim.Com – Salah satu hasil dari Sosialisasi pada perempuan pemilih pemula bagi siswi SMA/SMK se Kecamatan Tanah Grogot, Selasa (15/11) adalah Launching Inovasi “Gerakan Perempuan Paser Cinta Politik”.

Launching ini ditandai dengan penandatangan piagam Inovasi oleh Bupati Paser yang diwakili Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. Amir Acmad, M.AP, dan ditanda tanganinya komitmen bersama oleh Staf Ahli, Kepala DP2KBP3A, Kepala DKP3A Propinsi Kalimantan Timur, Ketua KPU, Fasilitator Forum Anak, Kabid PUG dan PP dan 85 siswi perwakilan dari 9 sekolah SMA/SMK.

Kabid PUG dan PP, Dr. Kasrani, M.Pd menyatakan “pendukung demokrasi yang sangat potensial adalah keterlibatan kaum perempuan dalam kancah politik.

“Sudah saatnya penguatan hak politik dan pendidikan politik bagi perempuan diutamakan. Pendidikan politik bagi perempuan harus mempunyai arah yang jelas menuju pada kemampuan kaum perempuan yang memiliki kekuatan penyadaran akan pentingnya pembebasan kaum perempuan terhadap marginalisasi politik terhadap kaumnya, sehingga kaum perempuan memiliki jati diri yang kuat dalam kiprah politiknya, ” katanya.

Kasrani menambahkan “namun kenyataannya peran perempuan masih belum maksimal dan terkesan semakin berkurang, ada kecenderungan memilih golput, termasuk dalam pemilu baik Pilpres, Pilgub, Pilkada/Pilwako,Pilkades, sehingga diperlukan upaya-upaya sistematis untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya politik untuk membebaskan perempuan dari ketidaksetaraan.

“Oleh karena itu, Dinas P2KBP3A membuat Inovasi dalam rangka menggairahkan/menguatkan semangat berpolitik bagi perempuan dengan “Gerakan Perempuan Paser Cinta Politik” dengan inovasi ini diharapkan menciptakan kesadaran politik perempuan dalam meningkatkan peran politiknyam salah satunya dengan memberikan pendidikan politik sesuai dengan makna yang sebenarnya, sehingga dalam kancah politik, perempuan mempunyai peran dalam mengembangkan demokrasi dan cerdas dalam menentukan sikap politiknya, ” Tambah Kasrani.

Ia menambahkan “Gerakan Perempuan Paser Cinta Politk” akan berhasil apabila kita semua baik pemerintah, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh wanita, partai politik, lembaga pendidikan, dunia usaha, media dan masyarakat pada umummnya bersama-sama memberikan edukasi kepada perempuan untuk menggunakan haknya dalam politik, tentu ini menjadi bagian terpenting dalam mewujudkan Paser MAS (maju, Adil dan Sejahtera). (erwe/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *