KPU Paser Rampungkan Verifikasi Faktual 9 Parpol

PASER, Gerbangkaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser menargetkan verifikasi faktual terhadap 9 partai politik (parpol) rampung hari ini.

“Diagendakan hari ini terakhir verifikasi faktual untuk sekretariat, pengurus, dan keterwakilan perempuan di 9 parpol tersebut,” kata Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid, Selasa (18/10).

Parpol yang diverifikasi faktual, kata Qayyim, adalah parpol yang tidak memiliki perwakilan di DPR (non parlemen), bukan peserta Pemilu 2019, atau Parpol yang baru terbentuk.

Dikemukakannya, kesembilan parpol yang diverifikasi diantaranya Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai kebangkitan Nusantara, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Ummat.

Pada kegiatan itu KPU Paser melakukan pencocokan data yang telah diunggah parpol ke aplikasi parpol dengan data yang ada di lapangan.

KPU Paser, lanjutnya, melakukan pemeriksaan keberadaan kantor sekretariat parpol hingga pengurus parpol meliputi ketua, sekretaris, dan bendahara.

Saat ini, lanjut Qayyim, tersisa 1 parpol yang masih diverifikasi yakni Partai Garuda dan pihaknya masih menjalin komunikasi untuk menuntaskan proses verifikasi.

Setelah memverifikasi sekretaris, pengurus, dan keterwakilan perempuan, kata Qayyim, KPU Paser akan memverifikasi partai politik.

“Mulai besok sampai akhir tahapan tanggal 4 November, verifikasi parpol,” tutup Qayyim. (GK)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *