5 camilan sehat yang rendah kolesterol dan visa dibuat sendiri di rumah. (Foto: Kolase PMJ News)

5 Camilan Sehat yang Rendah Kolesterol dan Bisa Dibuat Sendiri

KOLESTEROL memiliki fungsi penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh dari makanan seperti daging dan susu tidak lebih dari 5-6 persen dari kalori harian. Jumlah ini setara dengan 11-13 gram untuk seseorang yang makan 2.000 kalori.

Serat dan lemak sehat dapat diperoleh dari makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan dapat membantu kadar kolesterol tetap dalam kisaran yang sehat.

Seperti dilansir dari laman Everyday Health, Minggu (5/6/2022), berikut daftar camilan rendah kolesterol dan bisa dibuat di rumah dengan mudah.

  1. Popcorn
    Jagung dan popcorn dianggap biji- bijian utuh, yang berarti mengandung serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Popcorn tidak hanya memiliki lebih banyak serat daripada roti gandum atau beras merah.

Makanan ini juga merupakan camilan rendah kalori jika disiapkan dengan benar dan dimakan dalam jumlah sedang. Untuk sedikit rasa, cobalah semprotan minyak zaitun dan sedikit keju Parmesan.

  1. Kacang
    Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan yang bagus saat Anda ingin menurunkan kolesterol. Almond dan kenari adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki kolesterol tinggi.

Ingatlah bahwa kacang tinggi kalori, jadi pastikan untuk tetap menggunakan satu porsi ukuran sekitar 1 ons, tidak lebih dari 24 almond atau 14 kenari.

  1. Sayuran
    Sayuran tidak hanya bagus jika Anda memiliki kolesterol tinggi karena penuh dengan serat, vitamin, dan mineral yang berkontribusi pada kesehatan yang baik.

Sayuran juga rendah lemak, natrium, kolesterol, dan kalori, yang semuanya berkontribusi pada penyakit jantung. Anda tidak perlu beralih ke diet vegetarian untuk menurunkan kolesterol, tapi pastikan untuk makan sayuran.

  1. Keripik Kentang
    Orang cenderung menganggap keripik kentang terlarang untuk menjaga kolesterol tinggi tetap terkendali. Namun, kentang sendiri rendah kalori, tinggi serat, dan penuh dengan potasium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Konsumsi keripik kentang yang dipanggang dan, jika Anda bisa, siapkan sendiri di rumah. Bumbui secara sederhana dengan minyak zaitun yang menyehatkan jantung dan rempah-rempah seperti rosemary sebelum memasukkannya ke dalam oven.

  1. Oatmeal
    Jangan menganggap oatmeal sebagai makanan sarapan saja. Anda dapat memakannya kapan saja sepanjang hari untuk membantu menurunkan kolesterol.

Oatmeal mengandung serat larut khusus yang menyerap kolesterol dan membantu memindahkannya melalui sistem pencernaan tanpa diserap ke dalam tubuh.

Sumber : PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: