Sayur Sawi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Hadi)

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Makan Sayur Sawi Bagi Kesehatan

SAYUR Sawi kerap menjadi pelengkap dalam sajian mi ayam dan bakso oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tumbuhan dari marga Brassica ini merupakan sumber nutrisi yang baik dan rendah kalori, sehingga cocok untuk program diet sehat.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022), berikut manfaat mengonsumsi sawi bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Kanker
    Manfaat sayur sawi yakni anti kanker tertentu. Penelitian oleh National Cancer Institute, menunjukkan bahwa beberapa orang yang makan lebih banyak sayur sawi. Memiliki risiko lebih rendah terpapar kanker paru-paru, prostat, dan usus besar.

Ditambah lagi, kandungan folatnya yang berperan dalam produksi dan perbaikan DNA. Sehingga mampu mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA. Serta mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang
    Dikutip dari Medical News Today, manfaat sayur sawi sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang. Karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, dan vitamin K. Semuanya berkontribusi untuk membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Besi dan seng memainkan peran penting dalam produksi dan pertumbuhan kolagen. Fosfor dan kalsium sama-sama penting dalam struktur tulang.

Vitamin K membantu menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang, yang berarti dapat membantu mengurangi risiko patah tulang.

  1. Menurunkan Tekanan Darah
    Kalium, kalsium, dan magnesium semuanya ada dalam manfaat sayur sawi. Mereka dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi 4.700 milligram potasium setiap hari, bisa menurunkan tekanan darah yang disebabkan oleh asupan natrium berlebih.

  1. Mencegah Anemia
    Manfaat sayur sawi berikutnya ialah mampu mencegah anemia. Karena kandungan zat besinya akan membantu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

Sebagai tips, Anda bisa menambahkan konsumsi makanan zat besi lain, seperti daging merah untuk mencegah anemia secara serius.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kandungan folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6. Semuanya membantu menjaga kesehatan jantung.

Riset oleh Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), menemukan risiko penyakit kardiovaskular yang secara signifikan lebih tinggi di antara orang yang mengonsumsi terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium.

Vitamin B-6 dan folat pada sayur sawi, disinyalir mampu mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein. Karena saat kelebihan homosistein di tubuh, bisa merusak pembuluh darah dan berujung pada gangguan jantung.

Sumber : PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: