teknologi
Pembukaan Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2022 yang dilaksanakan di Plaza Balikpapan, sejak Jumat 10 hingga 12 Juni 2022

DP3AKB Gelar Teknologi Tepat Guna Tahun 2022 Se Kota Balikpapan

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan menggelar kegiatan Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2022 yang dilaksanakan di Plaza Balikpapan, sejak Jumat 10 hingga 12 Juni 2022 mendatang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan yang diwakili Kepala Diskominfo Balikpapan Adamin Siregar dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan Alwiati dengan cara menekan tombol sirine.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkot Balikpapan diantaranya, Kepala Disporapar Balikpapan dr Ckorda Ratih, Kepala Satpol PP Balikpapan Zuljifli, dan Kepala Disdag Balikpapan Azaedi.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Diskominfo Balikpapan Adamin Siregar mengatakan, Pemkot Balikpapan menyambut baik kegiatan ini yang harapannya mampu menjaring inovasi teknologi sesuai kebutuhan masyarakat Balikpapan yang terkini.

“Terlebih dengan adanya pembangunan IKN yang baru, sehingga masyarakat Kota Balikpapan harus siap dengan berbagai perubahan,” ujarnya, Jumat (10/6/2022).

Teknologi tepat gun aini, katanya, adalah implementasi dari salah satu instrumen strategis dalam rangka mengoptimalkan pendayagunaan seluruh sumber daya secara berkelanjutan yang mampu memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat, yang akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing daerah.

“Sebagai penyangga IKN, akan ada banyak orang yang berpindah ke Kota Balikpapan, maka teknologi tepat guna menjadi salah satu solusi alternatif bagi masyarakat Kota Balikpapan untuk dapat bersaing secara mandiri diberbagai bidang,” jelasnya.

Termasuk menggerakkan prodak ekonomi dan menjaga agar Kota Balikpapan menjadi rumah yang nyaman dihuni bagi masyarakatnya. Dimana dengan dengan semakin majunya teknologi digital diera industri 4.0 tentunya membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berkreasi mewujudkan berbagai konsep teknologi yang sebelumnya hanya di bayangkan, namun sekarang sudah dapat diwujudkan.

“Kami mengajak semua untuk dapat mengubah pola pikir yang sebelumnya cenderung sebagai konsumtif, sekarang dapat memanfaatkan teknologi yang dapat produktif dan bersinergi membangun industri kreatif di Kota Balikpapan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Kota Balikpapan, Alwiati menjelaskan, kegiatan lomba Gelar Teknologi Tepat Guna tahun 2022 ini untuk yang ke-8 kalinya, dengan peserta yang menjadi juaranya di tingkat kecamatan.

“Kami juga mengundang para peserta lainnya, walaupun tidak juara tapi boleh menggelar hasil-hasil karyanya, dari kelurahan juga membawa hasil karya mereka untuk ditampilkan disini,” ujar Alwiati.

Alwiati berharap dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat Kota Balikpapan bisa ramai berkunjung, yang mana kegiatan lomba ini mengakomodir dari hasil karya masyarakat Kota Balikpapan yang merupakan prodak-prodak inovatif yang bisa meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat karena bisa diperjualbelikan, kemudian bisa menambah pemasukan dari masyarakat.

“Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan 3 hari dilaksanakan, setiap peserta akan mempresentasikan hasil karya mereka didepan dewan juri, pada hari minggu nanti akan diumumkan pemenang lombanya. anti kalau juara satu akan kita bawa ke lomba teknologi tepat guna ke tingkat provinsi Kaltim,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: