DPRD Balikpapan Inginkan OPD Terkait Miliki Data Real Tentang UMKM

Balikpapan,Gerbangkaltim.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan melalu Komisi II DPRD Balikpapan tengah melakukan pendataan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Balikpapan.

Komisi II DPRD Balikpapan Suwanto mengatakan, pemerintah daerah harus menaungi seluruh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Balikpapan.

“Saya ingin kalau ada kegiatan itu benar-benar produk UMKM yang dikelola oleh naungan Dinas Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Dinas Perdagangan, termasuk Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian. Jadi merekalah yang mengisi,” ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Wanto sapaan akrabnya menambahkan, data ini diperlukan, sehingga saat berbicara mengenai UMKM, Pemkot Balikpapan sudah memiliki data yang real tidak hanya kira-kira.

“Data UMKM hanya masih belum clear. Bagaimana sih pergerakan UMKM di Kota Balikpapan, kalau UMKM satu bulan cuma produksi 5-10 kilogram masa bisa dikatakan UMKM,” tegasnya.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini menargetkan 80 persen UMKM ini di kota Balikpapan bisa berjalan sesuai dengan harapan, bukan sekedar jalan-jalan.

Untuk itu, Komisi II DPRD Balikpapan berencana akan melakukan pertemuan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tinjauan UMKM di Kota Balikpapan.

Seperti diketahui, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia, sehingga pemerintah mendukung UMKM dengan menjalankan sejumlah program, diantaranya Kredit Usaha Rakyat, Digitalisasi Pemasaran UMKM dan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: