Pertamina
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan turut berperan serta mendorong perkembangan literasi di Kota Balikpapan.

Pertamina & SDN 006 Balikpapan Kota Gelar Festival Literasi

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan turut berperan serta mendorong perkembangan literasi di Kota Balikpapan. Salah satunya melalui program literasi di SD Negeri 006 Balikpapan Kota. Sebagai rangkaian program tersebut, kemarin dilaksanakan Festival Literasi (Sabtu, 11/06)

“Festival Literasi ini merupakan puncak program literasi di SDN 006 Balikpapan Kota,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin.

Chandra mengatakan bahwa sebelum Festival Literasi ini, ada beberapa kegiatan yang sudah dilakukan di SD Negeri 006 Balikpapan Kota. Kegiatan tersebut diantaranya penataan melalui pembelian sarana prasarana perpustakaan. “Kita melakukan penambahan buku bacaan fiksi dan non-fiksi, rak buku perpustakaan dan pendingin ruangan untuk kenyamanan ruang baca anak-anak. Selain itu juga dilakukan peningkatan kapasitas warga sekolah melalui pelatihan Kantin Sehat, dan pembuatan karya literasi,” kata Chandra.

Rangkaian acara dalam Festival Literasi ini terdiri dari pentas seni, gelar karya dan bazar. Dalam kegiatan Pentas Seni ditampilkan tarian-tarian, gerak dan lagu, pembacaan puisi, pantun dan karangan bebas serta atraksi pencak silat. Kegiatan itu juga menampilkan dua karya literasi siswa siswi SD Negeri 006 Balikpapan. Karya itu berupa buku kumpulan pantun dan puisi yang berjudul Berlayarnya Sebuah Goresan Tinta dan buku Senandung Kisah di Bukit Komendur.

“Semoga program Literasi ini dapat meningkatkan semangat anak-anak di SDN 006 Balikpapan Kota dalam menghidupkan Budaya Literasi di sekolah. Selain itu, program literasi ini juga dapat bermanfaat untuk guru maupun orang tua siswa dalam mendukung budaya literasi dan dapat memotivasi anak-anak untuk terus mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki,” kata Chandra

Sementara itu, Kasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Buchari menyampaikan bahwa dari pemerintah kota mengapresiasi program tersebut.

“Melalui Festival Literasi, siswa siswi dapat menampilkan karya-karya mereka. Ini merupakan bentuk kebanggaan tersendiri untuk siswa siswi,” kata Buchari. Dia juga mengingatkan bahwa keberhasilan dari seorang anak itu bukanlah dari mata pelajaran tertentu, akan tetapi dari berkembangnya minat dan bakat yang dimiliki anak tersebut.

“Harapannya semoga anak didik SDN 006 Balikpapan Kota dapat berkembang dengan baik sesuai dengan potensi, minat dan bakat yang dimiliki,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Sekolah SDN 006 Balikpapan Kota Yutmiatin mengatakan bahwa Festival Literasi ini merupakan kreasi dari guru-guru, orang tua dan murid SDN 006 Balikpapan Kota.

Dia menjelaskan bahwa literasi di SDN 006 dimulai sejak tahun 2020 melalui penerbitan antologi buku pantun Yang Muda Yang Berkarya. “Pada tahun 2022 dibantu oleh Pertamina menerbitkan 2 buku yaitu kumpulan pantun dan puisi dan kumpulan karangan bebas. Terima kasih kepada Pertamina atas bantuan ini, semoga bantuan tersebut menjadi barokah,” tutup Yutmiatin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: