walikota
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud

Wali Kota Dukung Program Rumah Ibadah Anak dan Cegah Eksplotasi Anak

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan memberikan dukungan penuh pada program-program perlindungan perempuan dan anak termasuk forum-forum lainnya yang di gagas Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Pemkot Balikpapan mendukung adanya Forum kepedulian terhadap warga Kota Balikpapan karena juga akan membantu program pemkot, pasalnya pemerintah tidak bisa jalan sendiri tapi perlu melibatkan elemen masyarakat lainnya.

“Kita akan dukung, dan tentunya akan berkolaborasi dengan instansi terkait kita dalam hal ini DP3AKB untuk mencari simulasi dan koordinasi terhadap kekerasan anak,” ujar Rahmad Mas’ud, Minggu (19/6/2022).

Salah satunya, kata Wali Kota, bagaimana menekan dan memberikan edukasi kepada orang tua dan masyarakat tentang kepedulian untuk melindungi anak-anak yang menjadi tugas dan tanggung jawab bersama.

“Pemkot Balikpapan juga sudah berkomitmen untuk menyempurnakan sekolah yang ramah anak, termasuk di tempat-tempat ibadah juga menjadi tanggung jawab kita semua untuk bisa diwujudkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Kota Balikpapan Alwiati mengatakan, Kota Balikpapan yang sebelumnya meraih penghargaan Nindia di tahun 2020 sebagai Kota Layak anak, kemudian di 2021 turun menjadi Madya, dimana salah satu permasalahan bagaimana keberlanjutannya dalam memberikan perhatian terhadap perlindungan anak yang masih kurang.

“Dimana fasilitas-fasilitas yang mendukung sebagai Kota Layak anak, misalnya rumah ibadah ramah anak kita belum punya, sehingga ditahun ini kami akan melaunching untuk rumah ibadah ramah anak, kemudian fasilitas dan sarana sekolah ramah anak belum semua memenuhi persyaratan dari hasil penilaian,” jelasnya.

Selain itu, katanya, ruang bermain ramah anak yang kurang, seperti taman-taman harus dilakukan pemantauan dengan menggandeng seluruh komponen masyarakat di Kota Balikpapan agar bergotong royong untuk menyiapkan ruang untuk anak-anak.

“Supaya anak kita menjadi anak cerdas, karena mereka juga membutuhkan tempat yang layak untuk berinovasi dan interaksi dengan masyarakat,” ucapnya.

Adanya Forum Puspa, Forum PPTABM ini sangat membantu DP3AKB dalam hal memberikan pendampingan kepada anak- anak yang mengalami kekerasan dan anak-anak yang ditelantarkan oleh orangtuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: