Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Wali Kot Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE, ME menyerahkan langsung bonus atas raihan Piala Adipura Kencana 2023 sebesar Rp1.850.000 untuk masing-masing petugas kebersihan Kota Balikpapan yang jumlahnya sebanyak orang 1.420 petugas kebersihan.

Penyerahan secara simbolis bonus Adipura ini diserahkan Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, SE, ME didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hdup (DLH) Sudirman Djaleksana kepada perwakilan petugas kebersihan, di Halaman Kantor DLH Kota Balikpapan, Rabu (10/07/2024)

“Bonus bukan utama, tapi yang utama bagi Pemkot bagaimana memberikan semangat untuk konsisten mempertahankan (kebersihan) kota kita ini,” ujarnya, Wali Kot Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE, ME, Rabu (10/07/2024).

Diakui Wali Kota Balikpapan, bonus yang diberikan Pemkot Balikpapan ini sebenarnya tidak sebanding dengan kerja keras dan jerih payah yang dilakukan para petugas kebersihan ini.

“Bonus itu tidak seberapa, bagi kami tidak sebanding sebenarnya dengan kerja jerih payah kalian, siang malam, hujan gak kenal waktu,” ucapnya.

Wali Kota juga memuji kerja keras para petugas dalam menjaga kebersihan. Karena itu, harusnya bonus yang diberikan bisa lebih besar. Namun, keterbatasan anggaran.

“Tapi apalah daya, keterbatasan dana kita juga. Seandainya bisa akan lebih besar dari itu. Karena kalian pahlawan kebersihan,”ungkapnya.

Ditengah banyak kritikan, ejekan dan teguran, katanya, para petugas kebersihan Kota Balikpapan ini tetap bekerja menjalankan tugasnya membersihkan kota setiap hari.

“Yang dinas-dinas lain merasakan kebersihan kita ini. Kalian yang langsung terjun ke lapangan yang membersihkan kita ini juga, yang tidak sedikit juga mendapat kritikan, ejekan, dan teguran, bahkan hingga dimarahin atasan kalian, tapi Kalau kalian ikhlas saya yakin bonus yang kalian dapatkan ini jauh bermanfaat dibandingkan orang yang mendapatkan miliaran, tetapi caranya yang tidak benar jauh berkah,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan, bonus Adipura yang diberikan ini sesuai dengan capaian dari Dinas Lingkungan Hidup pada saat penilaian Adipura kemarin tahun 2023. Dimana bonus Adipura iini sesuai janji Wali Kota saat halal bihalal pada April-Mei 2024 dan langsung direalisasikan.

“Ketika itu Wali Kota mempersilahkan untuk mengajukan bonus Adipura, sehingga kurang lebih 3 bulan proses itu bonusnya sudah bisa cair. Pak Wali Kota secara simbolis menyerahkan, siang langsung masuk rekening masing-masing, jadi tidak terima cash,” ucapnya.

Sudirman menambahkan, bonus Adipura tersebut mengalami kenaikkan dari tahun hanya yakni hanya sebesar Rp 1,5 juta. Dalam dua tahun terakhir, Balikpapan selalu meraih Piala Adipura

“Bonus adipura ini dalam dua tahun terakhir ada peningkatan nilainya kurang lebih 350 ribu yang sebelumnya beberapa tahun lampau itu hanya 1,5 juta. Dimana yang menerima lebih kurang 1.420 orang, semoga bonus ini bisa memberikan manfaat dan berkah untuk keluarga teman-teman semua,” ungkapnya.

Dia berharap, bonus Adipura tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Apalagi, saat ini bertepatan dengan tahun ajaran baru sehingga akan lebih berguna bagi keluarga.

“Jadi momennya pas ini penerimaan anak sekolah, mungkin ada yang butuh tambahan membelikan keperluan anak-anak sekolah ini bisa digunakan untuk hal-hal yang positif,” tutupnya.

Share.
Leave A Reply