Kunjungi Polda Kaltim, Komisi 3 DPR RI Pertanyakan Temuan Tambang Liar

image_pdfimage_print

Balikpapan,Gerbangkaltim.com – Komisi III DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Mapolda Kaltim. Rombongan ini dipimpin Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir yang juga diikuti perwakilan anggota DPR RI perwakilan Kaltim Safaruddin dan Rudy Masud.

Kunjungan ini belakangan diketahui hendak membahas seputar Sumber Daya Alam (SDA) di wilayah Kalimantan Timur.

“SDA memberikan banyak pendapatan pada anggaran pendapatan negara, kami tidak ingin ada kebocoran dari segi sumber daya alam yang ada di Kaltim ini,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir, usai melaksanakan kunjungan kerja di Mapolda Kaltim, kamis (10/6/2021).

Adies mengatakan, dalam rapat yang digelar dengan Polda Kaltim ini ada beberapa masalah terkait Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Termasuk juga temuan-temuan tambang liar yang ada di wilayah Kaltim.

“Termasuk bagaimana dengan nasib tambang yang sudah digali, apakah tidak mengganggu masyarakat dan lain sebagainya,” paparnya.

Terkait temuan tambang liar ini, Adies mengatakan, Komisi 3 DPR RI masih menunggu data yang lengkap dari Polda Kaltim. Data tersebut kemudian akan dibawa dalam pembahasan rapat kerja Komisi III DPR RI.

“Polda akan memberikan datanya manakala dibutuhkan. Kemungkinan kita akan melanjutkan rapat kerja kita di DPR RI di Komisi III Jakarta terkait sumber daya alam ini,” jelasnya.

Ditanyakan tentang apakah kunjungan kerja ini juga terkait dengan persiapan Ibu Kota Negara (IKN), Adies dengan tegas menepis petanyaan tersebu. Adies yang berasal Fraksi Golkar tersebut mengatakan, terkait rencana pembangunan IKN masih belum masuk dalam pembahasan.

“Ibu Kota Negara baru belum ada pembahasan. Jadi kita tidak ada membahas itu. Bahkan recana pembangunan IKN masih belum masuk Prolegnas,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *