Sebanyak 50 Tempat Pembuangan Sampah di Kota Tanah Grogot Akan Dimusnahkan

 

 

PASER, Gerbangkaltim-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Achmad Safari mengatakan secara bertahap akan meniadakan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berada di beberapa ruas jalan di kota Tanah Grogot.

“Secara bertahap akan kita tiadakan TPS-TPS,” kata Achmad Safari di ruang kerjanya, Selasa (08/02/2022).

Sebelumnya, lanjut Safari, jumlah TPS jauh lebih banyak dan saat ini telah terjadi pengurangan seiring dimulainya pengelolaan sampah berbasis masyarakat maupun pertimbangan estetika kota.

“Titik-titik yang dulu ada TPS-nya, saat ini sampahnya sudah dikelola masyarakat dengan memanfaatkan kendaraan roda tiga khusus untuk pengangkut sampah ,” ujarnya.

Safari menilai penanganan kebersihan bukan hanya tugas DLH sendiri melainkan juga peran semua elemen masyarakat.

DLH Paser, lanjut dia, terus menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sekitar.

“Kami, melalui Satgas Kebersihan, juga mengedukasi masyarakat di titik yang sudah tidak ada TPS untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujar Safari.

Safari mengajak semua pihak untuk meningkatkan kesadaran diri dan kepedulian untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Ini tidak mudah, butuh proses. Tidak bisa instan. Memang merubah kebiasaan agak susah. Tapi kita bisa untuk kebersihan lingkungan kita,” katanya.

Safari juga mengapresiasi para petugas kebersihan baik itu petugas pengangkut sampah, petugas penyapu jalan, taman, dan semua elemen yang memiliki kepedulian terhadap kondisi lingkungan. (Carep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: