PASER, Gerbangkaltim.com- Gerbangkaltim. Com- Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur H. Amiruddin menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan (sosbang) yang diikuti masyarakat di Kota Tanah Grogot, Sabtu (18/5).


Dalam sosbang itu, Amiruddin, anggota DPRD Kaltim daerah pemilihan Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU) ini menyampaikan bahwa semangat nasionalisme harus terus dipupuk demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Tanggal 20 Mei lusa, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional, ini menjadi momentum kita untuk kembali mengobarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta kepada bangsa dan negara, ” katanya.

Menilik sejarah kebangkitan nasional, lanjut Amiruddin, kita diingatkan bahwa ada keinginan kita untuk menjadi bangsa yang mandiri dan melepaskan diri penjajah dimulai sejak 20 Mei 1908.

“Para pemuda saat itu sadar bahwa untuk bangkit harus melakukan pergerakan dalam wadah organisasi, lalu mereka membentuk organisasi Budi Utomo, ” katanya.

Dalam perkembangan selanjutnya organisasi Budi Utomo menjadi organisasi pergerakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Sekarang tujuan mereka agar Indonesia merdeka sudah terwujud, kini tugas kita adalah melanjutkan cita-cita mereka dengan cara membangun di segala bidang kehidupan, ” ujar Amiruddin.


Dalam melaksanakan pembangunan itu, tambahnya dibutuhkan sikap semangat nasionalisme, kebersamaan dan gotong royong sesama anak bangsa.

“Jika sikap tersebut terus dipupuk, kita optimis tujuan berbangsa dan bernegara dapat tercapai, ” katanya. (Adv)

Share.
Leave A Reply