Pemkot
Warga dan Pemkot Balikpapan bergotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di Pantai Dusit, Balikpapan Kota, Minggu (25/9/2022).

Tumpukan Sampah Menggunung Di Pantai, Pemkot Balikpapan Ajak Warga Gotong Royong Membersihkannya

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan laut dari sampah. Salah satunya dengen melaksanakan kerja bakti membersihkan pantai dari sampah yang menumpuk.

Kegiatan ini dilaksanakanKecamatan Balikpapan Kota, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan tim relawan diantaranya Relawan Garuda, Jaguar Rescue, Satgas Pramuka Peduli serta masyarakat sekitar.

Camat Balikpapan Kota, Rosin Suparlan mengatakan, saat ini situasi cuaca saat sangat ekstrem, kerap terjadi hujan deras dengan disertai angin yang berhembus cukup kencang dari arah barat hingga ke selatan, sehingga menyebabkan banyak kiriman sampah yang menumpuk, salah satunya di kawasan Pantai Dusit, Balikpapan Kota.
.
“Kami bersama dengan masyarakat setempat sepakat untuk melaksanakan bersih-bersih massal di sepanjang pantai,” ujar, Minggu (25/9/2022).

Ditambahkannya, karena tingginya tumpukan sampah sehingga untuk dilakukan pembersihan secara manual tidak bisa dilakukan dengan maksimal, sehingga pihaknya meminta bantuan DPU dengan mendatangkan alat bobcat eksavator – dozer.

“Jumlah sampah yang terlalu banyak sehingga membuat tenaga alat berat dibutuhkan agar mempercepat proses kegiatan bersih-bersih,” ungkapnya.

Selain itu, Rosin juga mengimbau kepada masyarakat yang berkunjung ke Pantai Dusit agar membuang sampah pada tempatnya.

“Dengan adanya kerja bakti ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, pentingnya menjaga kebersihan, serta tidak membuang sampah sembarangan, Agar kebersihan di wilayah pantai ini terjaga, sehingga dapat menjadi objek wisata yang bebas dari sampah,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris DLH Kota Balikpapan, Nursyamsiarni D Larose menambahkan, dalam aksi bersih pantai ini pihaknya membantu warga dengan menerjunkan sebanyak 70 orang personel penyapu jalan untuk membantu membersihkan sampah.

“Ini kita terjukan sebanyak 70 orang dari DLH,” ucapnya.

D Larose juga mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya menurunkan sebanyak 7 buah mobil pengangkut sampah untuk membantu warga.

“Sampah pantai yang terkumpul ini langsung kami bawa ke TPA Manggar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *