Pemkot
Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Elvin Junaidi

1 November, Damri Layani Rute Balikpapan – IKN

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan berencana akan mulai mengoperasikan angkutan massal bagi masyarakat yang akan berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan, angkutan ini akan dioperasikan dengan mempergunakan angkutan bus milik Perusahaan Umum (Perum) Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Damri).

“Untuk tanggal 1 November besok itu percobaannya, jadi gratis,” ujarnya, Senin (31/10/2022).

Bus Damri ini, katanya, akan melayani rute dari Pelabuhan Semayang dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan menuju kawasan IKN Nusantara di sekitar wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Selain itu, sambungnya, untuk mendukung rencana penyediaan transportasi massal di Kota Balikpapan yang bakal menjadi kota penyangga ibukota negara, pihaknya juga telah melakukan pembahasan untuk mengaktifkan kembali sarana angkutan massal yang pernah dioperasikan.

Pemerintah Kota Balikpapan, katanya, sudah memiliki master plan untuk membangun sarana angkutan massal. Namun rencana tersebut harus disesuaikan kembali dengan rencana pembangunan IKN di wilayah Kalimantan Timur.

“Kita memang punya master plan untuk membangun sarana pada massal tapi rencana itu harus disesuaikan kembali dengan rencana IKN. Kita sudah diskusi, cuma kan belum final, karena butuh dukungan anggaran,” tegasnya.

Karena untuk menyelesaikan proses pembangunan transportasi massal tersebut membutuhkan banyak dukungan.

“Kita melakukan diskusi terus, kami memang di Balikpapan kondisi jalannya kan seperti ini, dan membutuhkan hal itu. Tapi kan harus ada feasibility studi, dan banyak hal yang perlu disiapkan. Tapi yang pasti akan mengarah ke sana,” paparnya.

Sementara itu dalam unggahan akun Instagram @damrisamarinda, perjalanan menuju wilayah IKN dibuka dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Rute baru ini akan mulai dibuka pada Selasa, 1 November 2022.

Trayek baru tersebut diberi nama angkutan antarmoda Balikpapan IKN dengan rute: Pelabuhan Semayang-Bandara SAMS-Terminal Batu Ampar-Jl Soekarno Hatta-masuk Tol Karang Joang-Keluar Pintu Tol Samboja-Panajam Paser-Kecamatan Sepaku-IKN.

Berdasarkan pengumuman DAMRI Samarinda yang dikutip Senin 31 Oktober 2022, pemberangkatan dari Balikpapan akan dimulai pukul 06.00 pagi dengan interval 45 menit

Berikut adalah jam pemberangkatan dari Pelabuhan Semayang, Balikpapan: pukul 06.00 WITA, 06.45 WITA, 07.30 WITA, 08.15 WITA, 09.00 WITA, 09.45 WITA, 10.30 WITA, 11.15 WITA, 12.00 WITA, 12.45 WITA, 13.30 WITA, 14.15 WITA, 15.00 WITA, 15.45 WITA, dan 16.30 WITA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *