16 Hari Posko Angkutan Lebaran, Pergerakan Penumpang Capai 188.243

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan mencatat pergerakan penumpang selama Posko Angkutan Lebaran 1443 Hijriah mencapai 188.243 orang.

GM PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma mengatakan, tidak ada catatan khusus dalam pelaksanaan posko tahun ini, pasalnya pihak bandara sudah terbiasa melayani hal seperti ini tiap tahunnya.

“Selama 16 hari Posko Angkutan Lebaran 1443 Hijriah beroperasi, tidak ada catatan khusus. Namun pergerakan penumpang mencapai 188.243 orang dimana perharinya mencapai 11.755 orang,” ujarnya, usai menghadiri Penutupan Posko Angkutan Lebaran di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, Rabu (11/5/2022).

Rika menambahkan, dalam angkutan lebaran tahun ini penumpang yang terbanyak didominasi tiga daerah masing-masing Surabaya Jakarta dan Makassar.

“Masih tiga daerah yang dominan datang ke Balikpapan yakni Surabaya Jakarta dan Makassar,” jelasnya.

Selebihnya, katanya, berasal dari daerah lainnya di Tanah Air, namun jumlahnya tidak sebesar tiga daerah tersebut.

Untuk arus mudik lonjakan penumpang masih tertinggi pada saat H-3 dengan total pergerakan penumpang capai 13.420 orang, sedangkan untuk arus balik terjadi pada H+4 dengan pergerakan 14.349 penumpang.

“Yang mana rata-rata perhari Arus mudik 8.337 orang dan arus balik 7.811orang selama posko dibuka,” ujar Rika.

Meski begitu, Rika memprediksi belum semua mereka yang mudik balik ke Balikpapan, kemungkinan masih akan terjadi pada pekan depan mengingatkan pekan depan juga ada libur nasional.

“Pihak bandara siap jika menghadapi lonjakan penumpang lagi, memang jika dibandingkan 2019 masih tinggi. Pasalnya, Dua tahun belakang ini warga belum boleh pulang akibat pandemi, dan meningkatkan di 2022 karena ada pelonggaran, sehingga kenaikan penumpang mencapai 18 persen,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *