Pemkot
Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar pelatihan kader inti peduli anti narkoba (Kipan) dan mengikuti peduli lingkungan asri dan bersih (Pepelingasih) kepada sebanyak 200 pemuda di Kota Balikpapan. Kamis (13/10/2022).

200 Pemuda Kota Balikpapan Dapat Pelatihan Kipan dan Pepelingasih

image_pdfimage_print

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar pelatihan kader inti peduli anti narkoba (Kipan) dan mengikuti peduli lingkungan asri dan bersih (Pepelingasih) kepada sebanyak 200 pemuda di Kota Balikpapan.

Pelatihan yang dibagi dalam dua materi, dimana 100 orang mengikuti pelatihan kader inti peduli anti narkoba (Kipan) dan dan 100 pemuda lainnya mengikuti peduli lingkungan asri dan bersih (Pepelingasih).

Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kota Balikpapan Yosef Gunawan mengatakan, pemuda yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari pelajar tingkat SMA/SMK sederajat, serta organisasi pemuda dan juga mahasiswa se- Kota Balikpapan.

“Mereka datang bersama pendampingnya karena yang hadir pemuda dibawah usia 16 – 30. Mereka berasal dari SMA SMK se Balikpapan serta organisasi pemuda juga mahasiswa,” ujarnya, Kamis (13/10/2022).

Yosef Gunawan mengharapkan, peserta kegiatan pelatihan kader inti peduli anti narkoba (Kipan) dan mengikuti peduli lingkungan asri dan bersih (Pepelingasih) dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah, menjadi agen perubahan setelah mendapatkan beberapa pengetahuan dari sejumlah narasumber diantaranya jadi Polresta dan BNN.

“Nanti mereka bisa dijadikan agen untuk menyebarkan disekolah-sekolahnya atau di lingkungannya tentang bahaya anti narkoba, termasuk peserta dari Paleligasih yang diharapkan juga melakukan sosialisasi juga di lingkungan disekitarnya,” paparnya.

Kepada ratusan peserta yang ikut pelatihan, panitia pelaksana memberikan pin dan juga sertifikat untuk memberikan penyuluhan di sekolah, di kampus atau di lingkungan sekitar mereka, juga membuat postingan di media sosial sebagai upaya sosialisasi.

“Target kami adalah Balikpapan ini bisa menjadi Kota Bersinar (bersih dari narkoba). Sedangkan peserta yang dari pepelingasih bisa menjadi kader-kader lingkungan di daerah, menjadi duta Pepelingasih dari Balikpapan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *