Bawaslu Paser Segera Gelar Pleno Penetapan Anggota Panwascam

image_pdfimage_print

PASER, Gerbangkaltim.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paser segera menggelar rapat pleno penetapan anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) terpilih.

“Kami agendakan tanggal 24-25 Oktober,” kata Ketua Bawaslu Paser Aprianto Abdullah, Sabtu (22/10).

Bawaslu Paser, kata Aprianto, telah melakukan tes wawancara terhadap 57 calon anggota Panwascam sejak 20-22 Oktober.

Dikemukakan dia, ada beberapa indikator yang menjadi penilaian dalam tes wawancara tersebut antara lain visi-misi, motivasi, integritas dan komitmen bekerja penuh waktu calon Anggota Panwaslu Kecamatan.

Pengalaman dan pengetahuan tentang penyelenggaraan pengawasan Pemilu, serta tata kelola Pemilu inklusif juga menjadi aspek penilaian.

Lanjut Aprianto, pengetahuan tentang kearifan lokal, kemampuan komunikasi, kerja sama tim, kualitas kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi juga tidak luput dalam penilaian Bawaslu.

Dari 57 calon anggota Panwascam, 11 diantaranya pernah menjadi anggota Panwascam di Pemilu sebelumnya.

Aprianto menyebut selain itu, ada juga yang pernah menjadi penyelenggara pemilu seperti staf Panwascam, anggota Panwas Desa, Panwas TPS, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Menurut Aprianto pengalaman itu akan menjadi pertimbangan Bawaslu dalam menentukan anggota Panwascam.

“Tapi tidak ada jaminan, semuanya punya kesempatan. Setara untuk semuanya,” ucap Aprianto.

Direncanakan setelah Bawaslu Paser menggelar rapat pleno penetapan anggota Panwascam terpilih, hasilnya, ketiga puluh anggota panwascam terpilih untuk 10 kecamatan, akan diumumkan pada 26 Oktober mendatang. (GK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *