BKPSDM Paser  Manjakan Calon Pensiun dengan layanan SI-PESULAP

image_pdfimage_print

PASER, Gerbangkaltim.Com – Menjelang pensiun, biasanya seorang aparatur sipil negara (ASN) selalu disibukan dengan mengurus administrasi pensiun yang kadang merepotkan.

Repot dari segi waktu hingga biaya yang harus dikeluarkan, misalnya  untuk mengurus TASPEN ke luar daerah.

Namun, kesibukan demikian kini tak lagi dilakukan ASN yang akan memasuki purna tugas.Tak perlu beranjak ke tempat lain. Sambil duduk santai di kursi malas, si calon pensiun bisa mengurus segala persyaratan administrasi dengan mengakses  layanan digital SI-PESULAP yang digagas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Paser melalui smartphone miliknya.

Menurut Kepala Bidang  Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM  Kabupaten Paser, Chandra Wisata, layanan aplikasi digital SI-PESULAP (sistem informasi pelayanan usul ASN pensiun)  hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan administrasi yang cepat, efektif dan efisien bagi ASN yang akan mengusulkan pensiun.

“Selama ini mengurus administrasi secara manual dirasakan tidak efektif dan efisien ,” kata  Chandra.

Ia mencontohkan bagaimana repotnya seseorang yang akan mengusulkan pensiun datang ke BKPSDM  sambil membawa berkas.

” Ya kalau  lengkap dokumennya, kalau tidak, ia kembali ke rumah mencari berkas yang kurang,  dari segi waktu itu tidak efisien,lalu bagaimana kalau tinggal di kecamatan, perlu biaya transportasi lagi untuk bolak-balik, ” terang Chandra.

Nah, melalui aplikasi layanan digital SI PESULAP ini, kata Candra, permasalahan yang dihadapi ASN yang akan pensiun bisa teratasi.

” Misal  berkas kurang, nanti ada notifikasi atau pemberitahuan berkas apa yang kurang dari verifikator BKPSDM, ” jelas Chandra.

Melalui SI – PESULAP ini, tambah dia, ada jaminan kepastian selesai tepat waktu , seperti terbitnya $K Pensiun. Sampai dengan Desember 2022 tercatat 169 ASN yang pensiun.

” ASN juga tidak perlu lagi mengurus administrasi TASPEN ke luar daerah, karena  sistemnya sudah terintegrasi antara BKN dengan TASPEN, ” terang Chandra.

Aplikasi layanan digital SI PESULAP akan dilaunching pada 24 November ini bersama aplikasi layanan pemerintah lainnya. Ke Dua puluh aplikasi itu, merupakan proyek aksi perubahan peserta diklatpim administrator angkatan VI  PPSDM Kemendagri Regional Makassar Tahun 2022

Untuk menggunakan layanan digital SI PESULAP pengguna terlebih dahulu membuka website  simpadu.paserkab.go.id setelah terbuka maka pilih layanan SI PESULAP. (*/erwe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *