Pemkot
Pemkot Balikpapan menggelar sosialisasi penyerahan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) dari pengembang perumahan di Hotel Platinum, Kamis (18/08/2022).

Disperkim Balikpapan Dorong Revisi Perda PSU

Balikpapan, Gerbangkaltim.com – Pemkot Balikpapan menggelar sosialisasi penyerahan prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU) dari pengembang perumahan di Hotel Platinum, Kamis (18/08/2022).

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Balikpapan, Arfiansyah mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022.

“Peringatan Hapernas mengangkat tema kolaborasi wjud hunian layak dan terjangkau untuk semua,” ujarnya, Kamis (18/8/2022).

Tema tersebut, katanya, bermakna bahwa sudah selayaknya stakeholder terkait baik Pemerintah, pengembang, perbankan dan lainnya yang terlibat langsung untuk menyediakan fasilitas perumahan dan penunjangnya yang layak bagi masyarakat sebagai konsumen.

“Sudah selayaknya bagi kita yang berkecimpung langsung dan memiliki andil besar dalam sektor pengembangan perumahan dengan niat yang tulus , upaya yang sungguh-sungguh untuk membantu mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa kita semenjak kemerdekaan Indonesia,” tegasnya.

Arfiansyah menambahkan, dengan diserahkan PSU oleh pengembang ke Pemkot Balikpapan, maka akan memiliki nilai penting dalam meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus menjadi tempat bagi masyarakat untuk bersosialisasi

“Dengan diserahkannya PSU kepada pemerintah untuk bisa menjadi nilai tambah bagi perumahan yang ada dan bisa digunakan di masa depan untuk program perumahan yang lain,” paparnya.

Ada beberapa kendala dalam proses penyerahan PSU. Sehingga, katanya, perlu didorong untuk dilakukan revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2013 tentang Penyediaan dan Penyerahan PSU Pada Kawasan Perumahan.

“Dengan menambahkan pasal-pasal yang dapat membantu pihak-pihak terkait yang berkepentingan untuk dapat memiliki acuan yang lebih komprehensif dalam pelaksanaan penyerahan PSU,” paparnya.
Termasuk lanjutnya, dalam penyelenggaraan PSU di daerah juga perlu melibatkan DPRD, LSM, Ketua RT, perbankan, perguruan tinggi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Kurniawato menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan edukasi bagi pengembang terkait pentingnya penyerahan PSU dan unsur penunjang lainnya dari pengembang ke Pemerintah Kota.

“Ini sekaligus menjadi tanggungjawab kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan PSU diantaranya pelaksanaan koordinasi, fasilitasi, sosialisasi bimbingan teknis dan supervisi penyelenggaraan urusan perumahan dan pemukiman,” paparnya.

Dalam, kegiatan tersebut juga sekaligus memberikan informasi hingga pemahaman kepada para pengembang terkait penyerahan PSU. Karena menjadi tugas bersama antara pengembang dan Pemerintah Kota.

Kegiatan tersebut menghadirkan Kasubdit Perumahan dan Kawasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agreta Indah Gusumawati sebagai narasumber dan Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan dan Pemukiman Ambo Da’i.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.