Gerakan Paser Membaca, Menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)

TANA PASER-Gerbangkaltim.com– Salah satu Program Gerakan Pemasyaraatan Minat Baca (GPMB) sebagai Mitra Pemerintah   Kabupaten Paser Tahun 2022 adalah terbentuknya GPMB Kecamatan dan Desa dalam rangka mendukung  Gerakan Paser Membaca (GPM) di 10 Kecamatan, 5 Kelurahan dan 139 Desa se Kabupaten Paser.

Hal ini disampaikan dalam Seminar Abdi Desa yang diselenggarakkan oleh DPP KPMKP Kab. Paser dan sekaligus Pembentukan GPMB Kecamatan Pasir Belengkong, bertempat di Gedung Pertemuan, Desa Suliliran Baru Minggu, 22 Mei 2022.

Ketua Gerakan Pemasyaraatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser Kasrani menjelaskan, tujuan dari pada kegiatan Gerakan Paser Membaca  adalah bagaimana menyukseskan program literasi 5 tahun kedepan dalam kegiatan Gerakan Paser Membaca (GPM) Kabupaten Paser tahun 2022 hingga tahun 2026 mendatang.

“Budaya membaca sangat penting untuk dimasyarakatkan karena banyak manfaatnya. Dengan membaca kita dapat memperluas wawasan, memperdalam, pengetahuan, menggali potensi, mengembangkan bakat dan masih banyak lagi manfaatnya,” Ujar Kasrani

“Jadi tujuan Gerakan Paser Membaca ini bagaimana kita mengajak masyarakat Kabupaten Paser  untuk lebih giat lagi membaca, karena selama ini kan kecenderungannya kepada digital. Dari gerakan ini bagaimana kolabarasi untuk kedepannya supaya masyarakat Kabupaten Paser gemar membaca daam rangka mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).”

Ia melanjutkan,  “Target kita adalah GPMB dapat membentuk satu RT  satu Pojok Baca/TBM/Perpustakaan,  supaya percepatan ini mendukung Paser  menuju kabupaten literasi, konsepnya satu kecamatan satu kampung literasi.” kata Kasrani.

Ditambahkannya, kami mengajak seluruh pemerhati budaya baca untuk bersama-sama mewujudkan visi besar kita meningkatkan Budaya Baca di Kabupaten Paser,  dengan semakin banyaknya kita yang bergerak tentu  apa yang dicita-dicitakan dapat terwujud menjadikan Paser  MAS (Maju, Adil dan Sejahtera).menuju kabupaten literasi.

Sementara itu, Ardiansyah sebagai Ketua GPMB Kecamatan Pasir Belengkong, sehari-harinya juga sebagai Kepala Desa Suliliran Baru siap mewujudkan Kecamatan Pasir Belengkong sebagai Kecamatan Literasi, dan akan membentuk GPMB di 15 Desa  se Kecamatan Pasir Belengkong,  kami dengan teman-teman pemerhati Literasi akan menyusun program-program  untuk meningkatkan budaya baca di Kecamatan Pasir Belengkong dan saya mengajak semua elemen masyarakat di Kecamatan Pasir Belengkong untuk bersama-sama mewujudkan Visi besar kita yaitu Paser MAS (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: